Menggunakan Search Secara Manual pada Warta Warga

Fungsi search pada suatu website atau blogsite sangat penting untuk memudahkan pencarian terhadap informasi atau artikel yang ingin kita cari. Namun bagaimana jadinya, di saat waktu yang di punyai begitu sedikit, namun pentingnya kebutuhan mendapatkan akses informasi secara maksimal? Jawabannya adalah menggunakan search.

Memang tidak diragukan lagi, fungsi search sangat penting. Tapi bagaimana kalau tidak tersedia fungsi search itu sendiri? Contohnya seperti di blogsite Wartawarga Gunadarma ini, sepertinya kurangnya fungsi search. Jadi kurang maksimal. Nah bagi teman-teman yang tidak mau capek-capek mencari informasi yang diperlukan. Bisa menggunakan cara yang penulis lakukan ini.

Search Manual

Seperti namanya, pencarian secara manual. Mengapa manual? Karena tidak melalui form atau box yang sudah di sediakan. Ya otomatis jadinya manual. Lalu bagaimana caranya? Mudah sekali. Coba di perhatikan.

Inilah salah satu kemudahan dalam membuat CMS WordPress. Selain mudah, cepat dan efisien. Query yang dihasilkan pun begitu simpel dan tidak memberatkan CPU. Tapi tergantung pemakaian dan kondisi.

Secara default, format search pada WordPress adalah seperti ini:

http://website.nya/?s=pencarian+kata&submit=Search

Jika diperhatikan, namawebsite/?s=kata_yang_dicari&submit=Search.

Oke, kita pakai contoh.
Misal kita ingin melakukan pencarian di wartawarga dengan kata kunci “cloud“. Apa yang harus kita lakukan?

Kita ikuti format yang diatas, kira-kira hasilnya menjadi seperti ini:

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/?s=cloud+computing&submit=Search

Setelah itu nanti muncul deh. Mudah kan? Kalau tidak disediakan box search, kita bisa menggunakan ini. Kalau di sediakan box searchnya ya, enggak usah capek-capek pakai manual.

Oke. Sekian Terima kasih.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image