Ngarai Sianok Lembah “Tercantik” di Sumatera Barat

Saya berkunjung ke tempat ini dalam perjalanan pulang ke Bogor sehabis berlebaran di Medan tahun lalu. Ngarai Sianok adalah lembah indah yang menjadi salah satu ikon pariwisata paling populer di Sumatera Barat. Lembah ini terletak di Gunung Singgalang, tepatnya di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kita dapat menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor untuk mencapai ke lembah ini.
Lembah ini dinamai dengan nama Ngarai Sianok karena dialiri “Batang Sianok” yang berarti sungai yang jernih. Kedalaman jurang terjal ini mencapai 100 meter dan membentang sepanjang 15 kilometer. Pemandangannya sangatlah indah, dengan pohon-pohon besar yang mengelilingi lembah, sungai-sungai kecil, tebing-tebing dan juga dedaunan hijau. Udara di lembah ini pun sangat sejuk, dan yang membuat lembah ini lebih istimewa ialah monyet-monyet liar yang hidup bebas di tempat itu. Pemandangan yang disajikan Ngarai Sianok sangat menyegarkan mata dan yang pastinya menjadi surga bagi para fotografer dan juga pecinta alam.
Selain keindahan alam, Ngarai Sianok juga menyajikan wisata sejarah, yakni Lobang Jepang. Lobang Jepang ini dibangun pada saat Perang Dunia Dua oleh penduduk setempat. Letaknya 40 meter di bawah tanah dan merupakan sebuah terowongan perlindungan yang dibangun untuk kepentingan pertahanan.
Overall, tempat wisata yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga dapat belajar sejarah Indonesia di tempat itu. Sayangnya, ketika saya berkunjung ke sana tempat itu kotor sekali karena sampah berserakan dimana-mana. Alangkah baiknya jika tempat sampah diperbanyak dan ada kesadaran bagi pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

 

Referensi:

http://forum.vivanews.com/berita-dalam-negeri/53046-misteri-ngarai-sianok-lembah-terseram-di-dunia-dari-sumatera-barat.html

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image