Turun Desa

Dalam tulisan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya di Desa Petir. Ketiksa saya masih duduk di bangku kelas dua SMA, saya dan teman sekelas IPS saya mengikuti acara Turun Desa atau bias juga disingkat “TurDes.” Dalam acara ini, kita berkunjung ke Desa Petir di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kita berada di sana selama tiga hari dua malam untuk melakukan bakti sosial sekaligus mengamati kehidupan penduduk setempat.

Suasana di Desa Petir sangatlah berbeda dengan suasana di kota. Kehidupan masyarakatnya pun berbeda, karena hamper semua kegiatan yang dilakukan dikerjai secara tradisional. Mayoritas penduduk di desa tersebut bekerja di sektor pertanian. Dari mulai pagi menanam padi, minum the dan kopi di tengah sawah sampai menanam dan mengontrol lumbung padi. Berbeda juga dengan di kota, untuk urusan makanan, menurut saya orang di desa justru lebih sehat. Kalau masyarakat kota cenderung mengkonsumsi makanan berpengawet, masyarakat desa mengkonsumsi makanan yang alami dan segar. Pemilik rumah yang saya tinggali memiliki halaman yang luas, kolam ikan, dan juga kebun yang ditanami sayur-sayuran. Jadi sebelum memasak, mereka memetik bahan dan sayuran yang diperlukan, dan kalau ingin menu ikan, mereka tinggal menangkapnya dari kolam. Semua mereka lakukan secara gotong royong, tidak sendiri-sendiri.

Masyarakat desa juga sangat akrab dengan satu sama lain, berbeda dengan masyarakat kota yang sangat individualis. Satu pelajaran yang bisa dipetik dari pengalaman ini adalah masyarakat di desa bisa makan setiap hari saja sudah senang. Mereka sangat bersyukur dengan apa yang mereka dapat, berbeda dengan masyarakat kota yang sangat ambisius dalam mengejar karir.

Menurut saya pengalaman terjun langsung seperti ini sangatlah berharga dan banyak pelajaran yang dapat diambil. Akan sangat baik bila banyak sekolah dan juga institusi lain mengadakan program seperti ini. Tidak hanya berwisata, tetapi juga mendapat pengalaman yang berharga.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image