Wisata ‘Tempo Doeloe’

Maksud dari ‘tempo doeloe’ adalah wisata ke Kota Tua. Kota Tua merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta, yang terletak di Jakarta Utara. Di sekitar Kota Tua juga terdapat bangunan-bangunan lama, mungkin karena banyak bangunan-bangunan lama yang tidak berubah sampai sekarang, banyak yang menyebutnya Kota Tua. Disana terdapat banyak museum berserjarah. Pada satu hari, kebetulan saya sedang libur, saya pergi kesana dengan tujuan mengunjungi beberapa museum.

Museum Fatahillah. Di museum ini terdapat benda-benda bersejarah seperti bangku, kursi, kaca, dan furnitur lain peninggalan jaman penjajahan Belanda. Dengan uang Rp 2.000, kita bisa mengetahui sejarah ‘tempo doeloe’. Di sana juga terdapat meriam yaitu meriam Si Jagur. Di sana juga terdapat penjara bawah tanah yg dulu dipakai untuk menahan orang-orang pribumi. Penjara nya sangat kecil dan gelap sehingga apabila ingin masuk ke dalam sana harus membungkuk. Saya berkeliling di dalam museum itu untuk melihat apa saja yang ada di dalamnya.

Museum Bank Mandiri. Di dalam museum ini terdapat sejarah perekonomian Indonesia. Disana juga terdapat alat-alat yg di gunakan untuk melakukan transaksi, terdapat mesin ketik, mesin foto kopi, dll. Untuk masuk museum ini, tidak dikenakan biaya. Tetapi, alat di museum Bank Mandiri ini seperti kurang terawat, karena terlihat berdebu.

Museum Bank Indonesia. Kondisi museum Bank Indonesia lebih terawat dari pada Museum Fatahillah dan Musem Bank Mandiri. Museum Bank Indonesia juga terdapat tempat untuk menitipkan barang-barang pribadi, jadi kita tidak perlu membawa barang-barang kita ke dalam museum tersebut. Di Museum ini sendiri terdapat uang-uang dari negara lain seperti dollar, yen, euro, real, dan lain-lain. Di sana juga terdapat cetakan uang Indonesia dari masa kemasa, dari uang pertama Indonesia hingga uang cetakan sekarang. Di Museum Bank Indonesia kita juga dapat melihat tayangan sejarah perekonomian negara Indonesia dan Bank Indonesia itu sendiri. Fasilitas di Museum Bank Indonesia ini lebih baik dari Museum Fatahillah dan Museum Bank Mandiri. Keamanan lebih terjamin juga, karena di sana ada security yang menjaga museum tersebut. Museum ini juga nyaman untuk di kunjungi, karena penggunaan AC di museum tersebut, sehingga para pengunjung museum pun merasa nyaman.

Di sekitar Museum Fatahillah terdapat para pedagang yg menjual jasa atau souvenir, seperti penyewaan sepeda ontel untuk berkeliling, ada juga yg menjual cincin, kalung, dan gelang. Kota Tua pada malam hari sangat indah karena lampu-lampu, sehingga bangunan-bangunannya terlihat megah. Wisata ini dapat memperkaya wawasan kita tentang sejarah Jakarta dan tentang Indonesia. Tetapi,  salah satu kekurangannya adalah mengenai keamanan yang masih kurang dan fasilitasnya yang kurang terawat sehingga terlihat kumuh, dan MCK yang sulit ditemui.

There Is 1 Response So Far. »

  1. kota tua dan museum bank mandiri sudah menjadi tujuan wisata favorit

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image