Chiptune “Musik Berfidelasi Rendah”

Chiptune “Musik Berfidelasi Rendah”

Chiptune, atau Chip music, atau Micromusic adalah musik yang dibuat dari sound format yang telah di syntesizekan secara realtime oleh computer atau video game sound chip. Chiptunes sangat popular pada periode pertengahan 1980s sampai akhir 1980s dimana pada saat itu untuk membuat musik dengan computer hanya tersedia sound chip tersebut. Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para composer2 dalam menciptakan instrument sendiri, tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih complex.

Chiptunes kadang terdengar “kasar” dan “menciut2 ”bagi para pendengar yang tidak biasa dengan musik tersebut dan chiptune juga sangat berhubungan dekat sekali dengan video game music. Sekarang kita masuk ke perkembangan teknologinya, soundchip2 yang dipakai tersebut seperti yang tersedia dalam komputer2 berikut ini :

*.Chip Atari Pokey di komputer Atari 400/800Chip SID di komputerCommodore 64
*.Chip PAPU dalam Nintendo Game Boy
*.Chip Yamaha YM2149 di komputerAtari ST
*.Chip AY-3-8910 or 8912 di komputer Amstrad CPC
*.Chip Yamaha YM3812 di komputer IBM PC compatibles
*.ChipRicoh 2A03 di dalam the Nintendo Entertainment System atau Famicom.

Biasanya, chiptunes terdiri dari basic waveform yaitu sinewave, square wave dan sawtooth atau triangle wave, dan basic percussion, sering dihasilkan dari white noise melalui ADSR envelope. Untuk software yang digunakan dalam membuat chiptune music disebut Tracker.
Musisi chiptune banyak tersebar di dataran eropa, amerika dan jepang. Asiknya, mereka punya klub sendiri kalo ngadain acara. Isinya full tutatitut.. waaah..
Instrument yang populer mereka gunakan adalah Gameboy, Nintendo entertainment system (NES), Commodore 64 dan Atari ST , di lengkapi dengan synth2 modern. Dibilang chipsound itu karena sound yang keluar langsung dari chipset tersebut. chipset sound komputer kuno dan game console jaman dulu hanya tersedia Pulse wave, square wave, triangle wave dan white noise yang pure. kalo kita bikin lagu berdasarkan suara2 tersebut pasti identik dengan pure chiptune. Kick drum pun bisa di hasilnya oleh waveform2 tersebut, sedangkan hihat atau snare menggunakan white noise. jaman skrng sudah banyak yang mengkolaborasikan sound asli chipset tersebut dengan drummachine modern atau analog synth dsb. dan hasilnya pun sangat mantab.komposer2 musik komputer kuno seperti commodore 64, amiga atau pun atari st, dan kebetulan game2 konsole sudah bisa di aplikasikan sebagai komputer kecil untuk membuat musik. jaman dulu banyak teridentik dengan sound2 tersebut, karena hanya tersedia medium tersebut. dan skrng teknologi sudah berubah. jadi para chiptuners masih mentradisikan membuat musik dengan cara traditional komputer kuno tersebut…

Komunitas chiptune musik termasuk kecil tetapi tersebar diseluruh dunia dengan banyak musisi yang menciptakan genre yang berbeda.
Mereka bergerak secara underground dan sangat aktif menjalin hubungan antar Negara. Banyak sekali event musik chiptune international yang di selenggarakan seperti Blip festival di New York,Microbo party di Italy dan Lo-bit playground di jepang. Suatu budaya kuno yang masih hidup di zaman modern. Bagi mereka, keterbatasan teknologi bukan lah suatu halangan untuk berkarya.
Malah itu menjadi suatu tantangan yang sangat menarik, yaitu, menghasilkan sesuatu yang maksimal dari medium yang minimal. Seperti slogan dari salah satu website komunitas chiptune www.micromusic.net yaitu “low-tech music for high-tech people”.


Sejak tahun 2006, musik chiptune mulai muncul di permukaan tanah airIndonesia. Menjadikan sebuah sejarah tersendiri akan perjalanan membudayakan musik dari video game konsol yang terus berkembang sampai sekarang. Gerakan musik chiptune di Indonesia telah menjadi sebuah kesatuan yang kokoh, dan juga menghasilkan musisi-musisi berbakat. Dengan keterbatasan yang ada di dalam meramu musik ini, para musisi pun cenderung lebih inovatif dalam berkarya.
Hingga makin memunculkan sub-genre tersendiri pada musik chiptune — bisa dibayangkan seperti aplikasi alunan musik dari trance, house, pop, Drum & bass, sampai grindcore yang dimainkan menggunakan media-berfidelasi rendah. Kiprah para musisi chiptune Indonesia sendiri telah terdengarluas oleh komunitas chiptune di Amerika dan Eropa, menjadikan nama Indonesia sebagai negara yang menelurkan musisi chiptune yang berbobot dari Asia Tenggara.

Adapun beberapa musisi chiptune tanah air seperti :

1. vibrick (www.myspace.com/vibrick)
2. pickney (www.myspace.com/pickneygroove)
3. jw86 (www.myspace.com/jw86music)
4. hellostereo (www.myspace.com/stereohello)
5. local drug store (www.myspace.com/localdrugstore)
6. cacat nada (www.myspace.com/cacatnada)
7. turbo blip (www.myspace.com/turboblip)
8. nintenboys (www.myspace.com/kolornatika)
9. motoric mathematics (www.myspace.com/motorixmathematix)
10. vga88 (www.myspace.com/vga88)

referensi :
www.myspace.com/indonesianchiptune
www.twitter.com/indochiptune

indonesianchiptune.blogspot.com

http://whenupinyourlife.wordpress.com/2012/02/23/chiptune-musik-berfidelasi-rendah/

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image