interaksi

Bentuk-bentuk interaksi sosial

–         Kerjasama

Adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Indonesia adalah suatu wilayah yang kaya akan sumber daya alam, Seperti padi. Kebanyakan di sekitar pulau jawa menanam padi, yang padi itu akan dijadikan beras untuk dikonsumsi sehari-hari, bahkan berasnya pun dapat dijual. sebelum padi itu menjadi beras, pasti dibutuhkan suatu proses. Namun pada zaman dulu, zaman yang belum ada mesin penggiling padi, wanita-wanita desa bekerjasama Yang dimana prosesnya itu dibutuhkan kerjasama antar individu satu dengan yang lainnya. terdapat beberapa ibu-ibu yang telah lurus sejajar dengan lumpang yang siap sedia untuk menumbuk padi. Pada saat menumbuk padi, mereka pun bernyanyi mengikuti alunan bunyi yang dihasilkan dari benturan kayu dengan lumpang. Itulah kerjasama yang dilakukan ibu-ibu disekitar wilayah pulau jawa.

 

–         Akomodasi

Adalah proses penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok-kelompok manusia untuk meredakan pertentangan.

Dalam suatu komplek perumahan yang bisa dibilang lumayan padat, ada satu keluarga dari daerah medan sumatra utara(batak) biasa kalau berbicara suaranya kencang sekali. Keluarga batak itu mempunyai tetangga yang kebanyakan dari wilayah pulau jawa. Warga yang merasa terganggu karena suara keluarga itu sangat kencang kedengaran. Karena terganggu, lalu warga melaporkannya ke RT setempat. Lalu RT memberi penjelasan, yang dimana penjelasannya itu berisikan agar suaranya di pelankan. Lalu karena keluarga batak itu mengetahui bahwa tetangganya merasa keberatan, sehingga mereka belajar step by step untuk mengecilkan suaranya.

 

–         Asimilasi

Adalah proses sosial yang timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda, saling bergaul secara intensif dalam jangka waktu lama, sehingga lambat laun kebudayaan asli mereka akan berubah sifat dan wujudnya membentuk kebudayaan baru sebagai kebudayaan campuran.

 

Anak pindahan dari jakarta

=

 

Oval dan kotak panjang di atas saya ibaratkan dengan bahasa.

Anak yang berada pada bentuk persegi panjang merupakan anak  jakarta yang menggunakan bahasa indonesia atau bahasa gaul anak-anak jakarta.

Anak yang berada pada bentuk oval merupakan anak purbalingga yang menggunakan bahasa jawa untuk bahasa sehari-hari. Karena anak jakarta ini pindah dari jakarta ke purbalingga, maka anak pindahan seharusnya menggunakan bahasa jawa agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak-anak dan warga di sekitar wilayah purbalingga.

 

–         Akulturasi

Adalah proses sosial yang timbul, apabila suatu  kelompok masyarakat manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga lambat laun unsur-unsur kebudayaan itu diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian dari kebudayan itu sendiri.

NEGARA A             NEGARA B              NEGARA (AB)

negara A membuat tulisan dengan cara menggunakan PC,laptop,dll

negara B membuat tulisan dengan tangan mereka sendiri

penggabungan keduanya(AB)  menjadi : terkadang membuat tulisan dengan menggunakan tangan mereka, dan terkadang pula mereka menggunakanteknologi(seperti PC,laptop,dll)

 

 

 

 

 

 

 

–         Persaingan

Adalah suatu perjuangan yang dilakukan perorangan atau kelompok sosial tertentu, agar memperoleh kemenangan secara kompetitif, tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik di pihak lawannya.

 

Dalam sebuah lomba PON yang di adakan di kepulauan riau, terdapat para atlet yang sedang diuji kemampuannya dalam rangka acara PON, salah satunya atlet renang. Para atlet dari seluruh wilayah Republik Indonesia bersaing untuk mendapatkan medali emas. Namun kriteria kemenangan dalam bidang olahraga renang telah disepakati bersama.

 

–         Kontravensi

Adalah bentuk proses sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan atau konflik. Wujud kontravensi antara lain sikap tidak senang, baik secara sembunyi maupun secara terang-terangan yang ditujukan terhadap perorangan atau kelompok atau terhadap unsur-unsur kebudayaan golongan tertentu.

 

Beberapa waktu yang lalu seperti yang telah kita ketahui di wilayah DKI JAKARTA terdapat PIL CAGUB dan CAWAGUB  putaran ke dua. Ada gosip yang diberitakan oleh H. Rhoma irama dimasa kampanye kedua calon cagub ke media massa  yang dimana pada waktu itu adalah masa kampanye kedua calon cagub berisikan jika orang tua cagub jokowi bukanlah umat muslim. Namun itu hanyalah kontravensi dari pemilihan cagub dan cawagub DKI JAKARTA.

 

–         Konflik

Adalah proses sosial antar perorangan atau kelompok masyarakat tertentu, akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang sangat mendasar, sehingga menimbulkan adanya semacam gap atau  jurang pemisah yang mengganjal interaksi sosial diantara mereka yang bertikai tersebut.

Contoh ada 2 siswi yang bertengkar karena menyukai siswa yang sama. Mereka mempunyai kriteria masing-masing yang meyakinkan kalau dirinyalah yang pantas mendapatkan siswa tersebut untuk dipacarinya. Karena memperebutkan siswa tersebut, sehingga kedua siswi itu bermusuhan, tidak ada interaksi tegur sapa antar sesama.

 

–         Kontak sosial

Adalah hubungan antar satu pihak dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial.

 

Contoh maketing yang memasarkan barang/jasa dagangannya melalui telepon ataupun dunia maya. Misal dilakukan dengan telepon, seorang marketing yang baik harus tau bagaimana caranya agak terjadi interaksi yang baik dengan calon pembeli/pengguna jasa yang ditawarkannya. Biasanya menggunakan kata-kata yang meyakinkan supaya calon pembeli/pengguna jasa tertarik menggunakannya.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image