Kewirausahaan dan Perkembangan Mobil Mewah di Indonesia

Kewirausahaan dan

Perkembangan Mobil Mewah di Indonesia

  • Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment).

  • Pengertian Wirausahawan

Wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai peluang, mampu mengelola sumber daya yang dibutuhkan serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan sukses secara berkelanjutan.

  • Ciri-ciri dan Watak Wirausahawan:
  1. Ciri yang pertama adalah percaya diri. Dimana seorang wirausahawan harus memiliki keyakinan, ketidak tergantungan dan individualisme yang optimis.
  2. Ciri kedua adalah berorientasi pada tugas dan hasil. Kebutuhan akan prestasi, profit oriented, tekad kerja keras, ber motivasi dan inisiatif adalah modal penting untuk membuka suatu tempat usaha.
  3. Ciri ketiga adalah risk taker. Sifat dan kemampuan untuk mau mengambil dan membaca peluang diantara resiko-resiko yang mungkin akan dihadapi.
  4. Kepemimpinan adalah ciri keempat. Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain tanpa membeda-bedakan.
  5. Keorisinilan adalah ciri kelima. Inovatif, kreatif dan fleksibel. Memiliki banyak sumber dan serba bisa.
  6. Berorientasi ke masa depan adalah ciri terakhir. Seorang wirausahwahan harus mampu untuk membuat rencana-rencana hebat yang akan membuat dirinya berkembang.
  • Manfaat dari Wirausaha
  1. Menambah daya tampung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  2. Sebagai generator pembangunan lingkungan di bidang produksi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, kesejahteraan dan sebagainya.
  3. Berusaha memberi bantuan kepada orang lain dan pembangunan sosial sesuai dengan kemampuannya.
  4. Berusaha mendidik karyawannya menjadi orang mandiri, disiplin, jujur, tekun dalam menghadapi pekerjaan.
  5. Memberi contoh kepada orang lain, bagaimana kita harus bekerja keras.
  • Kompetensi Wirausaha
  1. Kemampuan teknik, yaitu kemampuan tentang bagaimana memproduksi barang dan jasa serta menyajikannya.
  2. Kemampuan pemasaran, yaitu kemampuan tentang bagaimana menemukan pasar dan pelanggan serta harga yang tepat.
  3. Kemampuan finansial, yaitu kemampuan tentang bagaimana memperoleh sumber-sumber dana dan cara menggunakannya
  4. Kemampuan hubungan, yaitu kemampuan tentang bagaimana cara mencari, memelihara dan mengembangkan relasi dan kemampuan komunikasi serta negosiasi.
  • Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Merintis Usaha Baru
  1. Bidang dan jenis usaha yang akan dimasuki.
  2. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih.
  3. Tempat usaha yang akan dipilih.
  4. Organisasi usaha yang akan digunakan.
  5. Jaminan usaha yang mungkin diperoleh.
  6. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh.
  • Perkembangan Mobil Mewah di Indonesia

Meningkatnya ekonomi di ASEAN dan jatuhnya ekonomi Eropa membuat banyak produsen-produsen mobil mewah melirik kawasan ASEAN sebagai lahan baru untuk penjualan mobil-mobil mewah. Di Indonesia sendiri berdasarkan laporan BPS, pada Triwulan pertama 2012 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6,3%. Pertumbuhan ekonomi paling utama dirasakan oleh masyarakat lapisan menengah sehingga hal ini banyak melahirkan orang-orang kaya baru di Indonesia. Menurut Inilah.com, penjualan mobil mewah produksi Lexus, pada tahun 2012 sudah terjual 204 unit dari bulan Januari-Mei. Untuk mobil sport mewah seperti Ferrari, mobil Ferarri yang baru saja dihadirkan di Jakarta pada September tahun ini, sudah habis terjual 16 unit mobil, walaupun harga masing-masing mobilnya sebesar Rp. 10Milyar.

Melihat hal diatas, tentu saja untuk membuka bisnis showroom maupun rental mobil mewah bisa dilihat sebagai peluang bisnis yang baik. Berdasarkan laporan Tempo, Juli 2012, perentalan mobil mewah yang ada di Solo berkembang dengan baik. Pemilik rental Ajibon Trans Solo, Adji Atmodiwiryo, mengatakan 9 unit kendaraan sewa miliknya telah habis dipesan oleh pelanggan. “Kebanyakan pesanan datang dari Jakarta,” kata Adji saat ditemui di Sukoharjo, Selasa, 31 Juli 2012. Padahal, tarif menyewa mobil mewah di Solo tergolong mahal, yakni Rp. 4 juta per hari.

 

Referensi:

www.scribd.com                     www.wikipedia.com

www.tempo.co                       www.inilah.com

www.detik.com

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image