Tugas 1 Pengatar Telematika

1. Jelaskan peranan telematika dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang pendidikan!
Jawab :

Peranan Telematika dalam kehidupan sehari hari khususnya dalam bidang pendidikan salah satunya perkembangan belajar berbasis online yang dapat diakses melalui media internet berbasis web atau situs. Dengan metode ini murid dan guru atau dosen tidak harus belajar secara bertatap muka secara langsung tetapi dengan metode Home Schooling yang bisa dilakukan kapan saja oleh si murid dengan pengaksesan belajar melalui internet. Dan pada saat ini hampir semua sekolah maupun kampus sudah mempunyai website yang menyediakan modul-modul belajar, bahan kuliah, dan hasil penelitian. Dan terdapat peranan telematika di bidang pendidikan lainnya, yaitu :

a) Perpustakaan Elektronik

b) Surat Elektronik (email)

c) Ensiklopedia

d) Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis ( digital )

e) Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System

f) Pengelolaan Sistem Informasi

g) Video Teleconference

2. Apa manfaat dan dampak negatif dari telematika, jelaskan!

Jawab :

Manfaat:

a) di bidang transportasi, menyediakan jasa panduan jalan, solusi anti kemacetan, penghematan transportasi dan bahan bakar.

b) di bidang pendidikan, memudahkan pelajar untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam bidang studi masing-masing serta konsep pembelajaran yang tersebar secara merata ke seluruh daerah.

c) di bidang pemerintahan, menyediakan layanan yang lebih baik untuk masyarakat luas melalui e-goverment

d) di bidang ekonomi, perkembangan telematika membuka lapangan kerja baru, dibutuhkan human resources yang mumpuni untuk mengelola sebuah sistem yang baik, menekan biaya pemasaran pada perusahaan-perusahaan.

e) Membuat pertukaran data menjadi lebih cepat.

Dampak Negatif

a) memberi peluang kejahatan, terutama kejahatan cyber cryme, penyusupan pada sistem, penyelundupan narkoba.

b) kesalahan data yang diterima dapat berakibat sangat fatal, oleh karenanya sebelum data disebar luaskan, maka data-data tersebut harus diverifikasi.

c) Memberi efek kecanduan dan malas dari internet dan game

d) Menjadikan seseorang yang tidak dapat bersosialisasi

3. Media komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika?

Jawab :

Media Telematika diantaranya,

a) Handphone

b) Internet

c) Video Conference

d) GPS

e) Game

4. Jelaskan perkembangan telematika sebelum dan sesudah internet muncul!

Jawab :

Perkembangan Telematika diIndonesia sebelum internet muncul

1. Periode Rintisan (berlangsung pada akhir tahun 1970an – akhir tahun 1980an)

Pada periode rintisan ini penggunaan telematika sangat terbatas. Pada periode ini, masa dimana beberapa orang Indonesia belajar menggunakan telematika atau minimal mengetahuinya. Tahun 1980-an teleconference terjadwal hampir sebulan sekali di TVRI (Televisi Republik Indonesia) yang menyajikan dialog interaktif antara Presiden Suharto di Jakarta dengan para petani di luar jakarta, bahkan di luar pulau Jawa

2. Periode Pengenalan (berlangsung tahun 1980an)

Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. hal ini juga merupakan efek kreativitas anak muda ketika itu, setelah dipinggirkan dari panggung politik, yang kemudian disediakan wadah baru dan dikenal sebagai Karang Taruna. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980-an, terus berkembang.

Perkembangan Telematika diIndonesia setelah internet muncul

1. Periode Pengenalan Telematika

Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994, dan milis adalah salah satu bagian dari sebuah web. Penggunanya tidak terbatas pada kalangan akademisi, akan tetapi sampai ke meja kantor. ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan dalam tahun yang sama, beroperasi ISP komersil

pertama, yaitu INDOnet. Dua tahun keterbukaan informasi ini, salahsatu dampaknya adalah mendorong kesadaran politik dan usaha dagang. Hal ini juga didukung dengan hadirnya televise swasta nasional, seperti RCTI (Rajawali Citra Televisi) dan SCTV (Surya Citra Televisi) pada tahun 1995-1996. Teknologi telematika, seperti computer, internet, pager, handphone, teleconference, siaran radio dan televise internasional – tv kabel Indonesia, mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.

2. Periode Aplikasi

Pada periode ini, teknologi mobile phone begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih. Muatannya antara 1 Gigabyte, dapat berkoneksi dengan internet juga stasiun televise, dan teleconference melalui 3G. Teknologi computer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access point. Bahkan, pada café dan kampus tertentu, internet dapat diakses dengan mudah, dan gratis.

 

Referensi

http://www.gudangmateri.com/2010/08/perkembangan-telematika-di-indonesia.html

http://freezcha.wordpress.com/2010/10/12/perkembangan-telematika/

http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/telematika-dalam-dunia-teknologi-informasi-dan- .penerapannya-di-e-commerce-dan-lainnya/

 

Nama : Yudha Perdana Adiasta

NPM   : 1A111277

Kelas  : 4ka20

 

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image