Tugas Pertama Matkul Pengantar Telematika

1.Jelaskan peranan telematika dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang pendidikan!
2. Apa manfaat dan dampak negatif dari telematika, jelaskan!
3. Media komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika?
4. Jelaskan perkembangan telematika sebelum dan sesudah internet muncul!
Jawaban :

  1. Telematika menurut saya memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari saat ini, karena dengan Telematika semua orang dapat mudah mendapatkan informasi. Untuk bidang pendidikan sendiri Telematika memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kegiatan mengajar, misal dengan adanya video pengajaran yang interaktif atau kuliah online yang membuat orang dari mana saja mendapatkan akses untuk menempuh pendidikan dengan baik.
  2. Manfaat dari telematika adalah dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas hidup manusia, dengan kemudahan informasi untuk mengakses melalui berbagai media yang ada.

Dampak negatif dari telematika adalah penyebaran informasi yang terlalu luas tanpa diimbangi dengan pemantauan yang baik akan menyebabkan dapat diakses oleh anak-anak yang tidak seharusnya mengakses informasi tsb. Selain itu, dapat menyebabkan anak kecil malas karena sudah kecanduan dengan games atau internet.

  1. Media telekomunikasi yang digunakan untuk telematika antara lain adalah telepon, televisi, radio, satelit, GPS, dll.
  2. Perkembangan telematika :

– Perkembangan Telematika di Indonesia sebelum internet muncul

  1. a.    Periode Rintisan (berlangsung pada akhir tahun 1970an – akhir tahun 1980an).

Pada periode rintisan ini penggunaan telematika sangat terbatas. Pada periode ini, masa dimana beberapa orang Indonesia belajar menggunakan telematika atau minimal mengetahuinya. Tahun 1980-an teleconference terjadwal hampir sebulan sekali di TVRI (Televisi Republik Indonesia) yang menyajikan dialog interaktif antara Presiden Suharto di Jakarta dengan para petani di luar jakarta, bahkan di luar pulau Jawa.

  1. b.    Periode Pengenalan (berlangsung tahun 1980an).

Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. hal ini juga merupakan efek kreativitas anak muda ketika itu, setelah dipinggirkan dari panggung politik, yang kemudian disediakan wadah baru dan dikenal sebagai Karang Taruna. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980-an, terus berkembang.

  • ·-  Perkembangan Telematika di Indonesia setelah internet muncul
  1.  Periode Pengenalan Telematika

Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994, dan milis adalah salah satu bagian dari sebuah web. Penggunanya tidak terbatas pada kalangan akademisi, akan tetapi sampai ke meja kantor. ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan dalam tahun yang sama, beroperasi ISP komersil pertama, yaitu INDOnet. Dua tahun keterbukaan informasi ini, salahsatu dampaknya adalah mendorong kesadaran politik dan usaha dagang. Hal ini juga didukung dengan hadirnya televise swasta nasional, seperti RCTI (Rajawali Citra Televisi) dan SCTV (Surya Citra Televisi) pada tahun 1995-1996. Teknologi telematika, seperti computer, internet, pager, handphone, teleconference, siaran radio dan televise internasional – tv kabel Indonesia, mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.

 

 

 

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image