Allianz Arena – Megah Namun Tetap Ramah

Allianz Arena merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di sebelah utara kota Munchen, Bavaria, Jerman, tepatnya di tepi utara wilayah Schwabing-Freimann distrik Fröttmaning. Ada dua klub sepak bola profesional Jerman yang menjadikan Allianz Arena sebagai markas atau kandang klub mereka, klub tersebut adalah FC Bayern Munich dan TSV 1860 München. Kedua klub tersebut telah menggunakan Allianz Arena sejak awal musim 2005-2006.
Allianz Arena merupakan stadion terbesar ketiga di Jerman setelah Signal Iduna Park di Dortmund dan Olympiastadion di Berlin. Allianz Arena juga merupakan stadion pertama di dunia yang dapat berubah-ubah warna pada bagian luarnya.

PEMBANGUNAN STADION
Pembangunan stadion dimulai pada tanggal 21 Oktober 2002 dan secara resmi dibuka pada tanggal 30 Mei 2005. Desainer utama yang bertanggung jawab atas pembangunan stadion ini adalah arsitek Herzog & de Meuron. Pada atap stadion ini, dipasang sistem roller blinds built-in yang memungkinkan atap stadion untuk dibuka pada saat kondisi stadion tidak terpakai dan ditutup kembali saat Allianz Arena melangsungkan pertandingan guna memberikan perlindungan kepada para pengunjung stadion dari hujan dan panas matahari.
Biaya pembangunan stadion itu sendiri telah mencapai € 286.000.000, dan dengan tambahan biaya pendanaan maka total keseluruhan biaya yang dikeluarkan mencapai € 340 juta.
Jumlah beton yang digunakan selama konstruksi stadion : 120.000 m³
Jumlah beton yang digunakan untuk parkir garasi : 85.000 m³
Jumlah baja yang digunakan selama konstruksi stadion : 22.000 ton
Jumlah baja yang digunakan untuk parkir garasi : 14.000 ton

DESAIN EKSTERIOR
Eksterior stadion dibangun menggunakan 2,874 panel udara ETFE yang diisi dengan udara kering bertekanan diferensial 0,038 hPa. Panel transparan yang memiliki ketebalan 0,2 mm tersebut akan tampak berwarna putih jika dilihat dari jauh, akan tetapi ketika diteliti dengan seksama terdapat titik-titik kecil pada panel. Bila dilihat dari jauh, mata akan menggabungkan titik-titik tersebut sehingga terlihat berwarna putih.
Setiap panel secara mandiri dapat mengeluarkan cahaya dengan warna putih, merah, atau biru muda. Tujuannya adalah untuk menyalakan keseluruhan panel di setiap pertandingan dengan warna tim tuan rumah masing-masing. Putih jika Allianz Arena melangsungkan pertandingan dengan Timnas Jerman sebagai tuan rumahnya atau pertandingan netral seperti Final Liga Champions 2012 lalu. Merah jika FC Bayern Munich memainkan laga kandang. Serta biru muda jika TSV 1860 München bermain di Allianz Arena.
Konsep eksterior stadion Allianz Arena yang bercahaya kemudian diadopsi di tempat-tempat yang baru dibangun lainnya, seperti Stadion MetLife, di Amerika Serikat, yang menyala dengan warna biru untuk Giants, hijau untuk Jets, dan merah untuk acara konser.

FAKTA LAIN ALLIANZ ARENA
1. Allianz Arena memiliki kapasitas total 69.901 penonton (termasuk ruang penonton yang berdiri), di mana terdapat 20.000 kursi pada lantai dasar, 24.000 kursi pada lantai tengah, dan 22.000 pada lantai teratas. 10.400 kursi pada pojok lantai dasar dapat diubah menjadi ruang berdiri yang dapat menampung tambahan 3.120 penonton. Total kapasitas juga telah mencakup 2.000 kursi bisnis, 400 kursi untuk wartawan, 106 kotak VIP dengan kursi masing-masing mencapai 174 buah, dan 165 kursi khusus untuk penyandang cacat.

2. Area rumput meliputi wilayah seluas 111×72 meter dengan lapangan itu sendiri meliputi area seluas 105×68 meter. Luas total stadion sekitar 8.000 meter persegi.

3. The Façade dan atap memiliki luas total 66.500 m², terdiri dari 2.874 panel udara ETFE. 1.056 panel dari 2.874 panel dapat mengeluarkan cahaya dalam warna putih, biru muda dan merah. Total daerah yang diterangi 25.500 m².

4. Pintu masuk utama hingga ke stadion adalah sepanjang Esplanade, yaitu seluas 543×136 meter dan terlihat lebih menyerupai tanah Heath hijau yang telah diciptakan untuk berbaur dengan daerah sekitarnya. Pengunjung stadion dapat mengakses Allianz Arena langsung dari fasilitas parkir bertingkat, area parkir untuk bus atau stasiun bawah tanah Fröttmanning dengan hanya berjalan kaki singkat.

5. Fasilitas parkir di bawah Esplanade adalah fasilitas parkir mobil bawah tanah terbesar di Eropa dengan kapasitas mencapai 9.800 blok parkir. Tersedia juga lokasi parkir untuk total 350 bus (240 di utara stadion dan 110 di selatan stadion).

Blog pribadi :

http://technologicious.blogspot.com/

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image