Manchester United Taklukkan West Ham United

Review: Manchester United 1-0 West Ham United

Sebuah gol kilat Robin van Persie cukup bagi United untuk menambah tiga angka di pucuk klasemen.

Singgasana klasemen Liga Primer Inggris tetap aman dalam genggaman Manchester United seiring tiga angka yang diperoleh atas West Ham United pada laga pekan ke-14 di Old Trafford, Kamis (29/11) dinihari WIB.

Memimpin cepat hanya sesaat setelah kick-off melalui Robin van Persie, tuan rumah punya banyak peluang untuk memperbesar skor. Walau akhirnya tak satu pun yang menghasilkan gol tambahan, keunggulan tipis 1-0 toh tetap bermakna penting bagi skuat Sir Alex Ferguson.

Mengoleksi 33 angka, United kini masih memimpin sebiji poin atas sang rival sekota sekaligus juara bertahan, Manchester City, yang sukses membekuk Wigan Athletic 2-0.

The Hammers sendiri harus melorot dua peringkat ke posisi sepuluh karena kekalahan ini. Nilai pasukan Sam Allardyce tetap 19 poin.

Babak Pertama

Menerapkan skema ofensif 4-3-3 dengan trio Wayne Rooney, Javier Hernandez, dan Robin van Persie mengisi lini depan, United langsung unggul pada detik ke-35!

Tepat setelah kick-off, Michael Carrick langsung mengirim umpan ke arah Van Persie. Striker Belanda ini lantas melesatkan tembakan yang melambung usai membentur James Collins dan masuk ke gawang West Ham.

The Red Devils terus mendominasi setelah itu, tapi The Hammers pun beberapa kali menghadirkan ancaman melalui situasi bola mati yang cukup ampuh untuk merepotkan pertahanan tuan rumah.

Sejumlah kans dari Kevin Nolan dan Andy Carroll, yang berawal dari set-pieces, bahkan nyaris membuahkan gol balasan bagi West Ham andai mereka lebih tenang dalam penyelesaian akhir.

Sementara itu, serangan gencar United menghasilkan sederet peluang, di antaranya melalui Chicharito, Anderson, dan Rooney, namun seluruhnya masih gagal berujung gol tambahan. Skor 1-0 buat United menutup babak pertama.

Babak Kedua

Terbalik dengan babak pertama, duel paruh kedua dibuka dengan peluang bagi West Ham. Mohamed Diame merebut bola dari penguasaan Tom Cleverley sebelum melancarkan tembakan. Beruntung bagi United, upaya tersebut kandas oleh blok Chris Smalling.

Setelahnya, giliran Setan Merah yang mengancam. Tiga kans berturut-turut didapatkan dua tembakan jarak jauh Cleverley dan Rooney plus sepakan bebas Van Persie.

Sepasang kesempatan pertama gagal menemui target, sedangkan eksekusi free-kick RvP dapat ditip dengan gemilang oleh kiper Jussi Jaaskelainen.

Menit ke-59, Jaaskelainen kembali memamerkan kepiawaiannya mengamankan gawang. Penjaga gawang asal Finlandia itu “terbang” dan mementahkan tendangan akurat Rooney ke arah tiang jauh.

Selanjutnya, di menit ke-71, giliran Anderson yang harus melihat upayanya dari jarak sekitar 22 meter kandas oleh ketangguhan Jaaskelainen.

Nyaris selalu berada dalam tekanan tuan rumah, The Hammers hampir mencuri gol balasan delapan menit menjelang pertandingan berakhir. Umpan tendangan bebas James Collins disambung tembakan Carlon Cole, tapi Anders Lindegaard sigap menjaga kemurnian gawang United.

Sisa pertandingan berjalan cukup menegangkan bagi publik Old Trafford karena West Ham beberapa kali menghadirkan ancaman lewat serangan balik, tapi skor 1-0 tetap awet terjaga dan tiga angka penuh pun direngkuh The Red Devils.

 

www.dwikaaams.blogspot.com

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image