Mendidik Karakter Kepribadian Anak

Pendidikan karakter merupakan hal yang terpenting untuk anak. Kebanyakkan orang tua itu binggung mendidik anaknya bagaimana. Kalau terlalu keras, orang tua berfikir anaknya akan menjadi pribadi yang berkarakter sensitif. Akan tetapi jika terlalu lembek juga orang tua berfikir bahwa anaknya nanti akan menjadi pribadi yang berkarakter manja, dan susah di tegur.

Biasanya kedua hal inilah yang membuat orang tua itu dilema dalam mendidik karakter anak. Cara mengatasi dilema tersebut, Anda harus menyadari bahwa tugas dari orang tua hanya mendidik anaknya.

Mendidik tidak hanya memberikan pelajaran atau ilmu pengetahuan kepada anak, akan tetapi kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkannya atau mengajarkan bagaimana cara menempatkan dirinya di lingkungan masyarakat sehingga terbentuk karakter kepribadian yang kuat didalam dirinya.

Dalam hal ini orang tua harus bekerja lebih extra lagi, soalnya mendidik kepribadian anak itu susah-susah gampang. Yang terpenting harus konsisten dalam segala hal yang akan kita lakukan terhadap anak, soalnya anak mempunyai senjata yang paling kuat yaitu “Menangis atau Cemberut”. Kalau anak sudah cemberut apalagi menangis kebanyakkan orang tua tidak tegaan melanjutkan semua rencana yang sudah disusun untuk membentuk karakter kepribadian anak.

Intinya kita didik anak kita “Disiplin”. Yups, disiplinlah akar dari semua aspek pendidikan karakter kepribadian anak kita. Dengan di ajarkan disiplin anak kita akan lebih menghargai waktu.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image