Modal TIMNAS INDONESIA menjelang piala AFF 2012

Rabu (21 November 2012), Timnas Indonesia berangkat ke Malaysia guna mengikuti turnamen Piala AFF 2012. Dalam proses pembentukannya, timnas memang dirundung masalah. Mulai konflik federasi yang tak kunjung usai sehingga berbuntut tak dapat bergabungnya pemain ISL hingga tak adanya dana bantuan pemerintah (melalui Kemenpora). Namun, kondisi tersebut malah menimbulkan simpati dari masyarakat berupa pengumpulan koin untuk timnas dan semangat pemain yang terlecut.

Berikut beberapa ‘modal’ timnas Garuda berlaga di Piala AFF:

  1. Skuat yang ada sekarang ditengarai bukan skuat terbaik karena tidak berasal dari pemain terbaik yang ada di Indonesia.
  2. Tanpa pemain ISL. Dari enam pemain ISL (Bambang Pamungkas, Patrich Wanggai, Firman Utina, Ahmad Bustomi, M.Ridwan, dan I Made Wirawan) yang dipanggil pelatih Nil Maizar, hanya Bambang yang bergabung. Mereka tak datang karena tak mendapat izin dari klub atas pelarangan dari KPSI pimpinan La Nyalla Mataliti. Begitupun pemain naturalisasi, Greg Nwokolo dan Victor Ignonefo.
  3. Nil Maizar melalui PSSI juga sempat memanggil pemain Indonesia (dan naturalisasi) yang berlaga di luar negeri. Namun hanya Arthur Irawan, Beukering, Tonnie Cussel, dan Rafael Maitimo yang datang.
  4. Tanpa dukungan dana dari pemerintah. Terkait konflik yang berkepanjangan, pemerintah enggan mengucurkan dananya.
  5. Tanpa Diego Michiels yang tersandung kasus indisipliner dan penganiayaan MEF Paripurna di sebuah kafe.
  6. Tanpa kiper utama Samsidar yang di saat pemusatan latihan timnas dikabarkan dikontrak Mitra Kukar. Karena Mitra Kukar berlaga di ISL, Samsidar mundur dari timnas.
  7. Skuat yang ada sekarang mendapat cemoohan dari simpatisan KPSI.
  8. Pemain (skuat yang ada) memiliki motivasi dan semangat yang tinggi untuk berlaga di Piala AFF.
  9. Dari acara gala dinner di Hotel Mulia Jakarta, Senin (19/11/2012) malam yang dihadiri seluruh pemain dan Pelatih Timnas Nil Maizar bersama pengurus PSSI dan sejumlah pengusaha, terkumpul Rp. 1 miliar yang didapat dari seorang donatur yang tidak mau disebutkan. Rp. 360 juta dari Wong Hang dalam bentuk jas yang dipakai pemain timnas. PSSI juga melelang tiga jersey timnas yang ditandatangani oleh seluruh pemain. Jersey pertama berhasil dibeli oleh pengusaha bernama Nicolas seharga Rp. 35 juta. Yang kedua dibeli seharga oleh Rp. 30 juta oleh Sihar Sitorus dan terakhir oleh Halim dengan harga Rp. 27 juta.
  10. “Koin untuk Timnas” berjumlah sekitar Rp 56 juta yang dikumpulkan oleh Forum Diskusi Suporter Indonesia (FDSI) di sejumlah kota seperti Palangkaraya, Yogyakarta, Pasuruan, Surabaya, Bali, dan lain-lain. Dana tersebut berasal dari 521 penyumbang. Penyerahan dana dilakukan secara simbolis pada Selasa malam (20 November 2012) di Hotel Jusenny Boutique.
  11. Timnas Garuda akan mendapatkan dukungan penuh dari para TKI dan mahasiswa yang ada di Malaysia yang siap memerahkan stadion.
  12. Hasil Lengkap Ujicoba Timnas Indonesia:
    Indonesia 2-2 Philipina (Persahabatan)
    Indonesia 2-0 Korea Utara (SCTV Cup)
    Indonesia 0-0 Vietnam (Persahabatan- tuan rumah)
    Indonesia 5-0 Brunei (Persahabatan)
    Indonesia 0-0 Vietnam (Persahabatan- tamu)
    Indonesia 1-0 Timor Leste (Persahabatan)
    Indonesia 0-0 Kamerun (Persahabatan)
    Statistik: 2 menang – 4 seri – 1 kalah. Memasukkan 8 gol, kemasukan 4 gol.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image