TWELVE

Pada kehidupan sehari – hari kita sebagai manusia harus menjaga kesehatan. Dan cara untuk menjaga kesehatan kita adalah yaitu berolahraga. Dan di dunia ini banyak sekali jenis olahraga yang dapat kita laksanakan misalnya seperti olahraga sepakbola, badminton, berenang dan masih banyak lagi. Khususnya pada olahraga sepakbola, dimana jenis olahraga ini sudah mendunia ke seluruh Negara yang ada di bumi ini. Dari anak – anak sampai orang dewasa baik itu perempuan maupun laki – laki menyukai olahraga sepakbola ini.

Olahraga sepakbola ini yang dimainkan dengan jumlah orang sebelas (11) pemain disetiap klub sepakbola dan di setiap Negara pasti ada sebuah klub sepakbola baik itu tingkat yang divisi terkecil hingga terbesar dalam suatu Negara. Kita pun sudah mengetahui secara jelas terdiri dari posisi apa saja dalam kesebelasan pemain sepakbola dalam suatu klub. Dan pertandingan sepakbola yang selalu di laksanakan di sebuah stadion memiliki penonton untuk menyaksikan pertandingan tersebut.

Dan kita sering mendengar dalam sebuah pertandingan ada pemain ke-12 dalam pertandingan sepakbola. Siapakah pemain ke-12 dalam pertandingan sepakbola tersebut ?. Pemain ke-12 itu adalah supporter dari sebuah klub sepakbola. Mengapa mereka ( supporter ) disebut sebagai pemain ke-12 dalam sebuah pertandingan, karena mereka adalah pendukung setia dari sebuah klub yang selalu memberikan semangat , motivasi dan juga dukungan yang penuh untuk membantu agar klub yang mereka dukung dengan setia menang dalam sebuah pertandingan.

Cara para supporter ini mendukung klub kesayangan mereka yakni dalam pertandingan mereka semua menyanyikan lagu anthem dari setiap klub, lagu atau nyanyian atau yel –yel itu mereka buat sendiri untuk mendukung klub kesayangannya. Dimana isi dari nyanyian yang mereka nyanyikan adalah semangat dan juga motivasi untuk para pemain sepakbola yang mereka dukung. Ada juga nyanyian atau dukungan untuk perorangan dalam klub sepakbola tersebut.

Kita dapat melihat seseorang sebagai supporter dari sebuah klub sepakbola dilihat dari jersey klub bola yang dikenakan. Di masyarakat sekarang orang yang mendukung sebuah klub dapat dilihat dari jersey yang mereka kenakan. Baik itu klub sepakbola internasional maupun nasional ( Indonesia ) . Lalu para supporter ini mempunyai basis yang sangat besar. Misalkan kita ambil contoh klub sepakbola dari Inggris yakni Liverpool FC. Dimana basis supporter dari klub sebesar Liverpool FC tidak hanya ada di kota Liverpool Inggris, di seluruh dunia pun banyak mendukung klub sepakbola ini . Selain itu supporter klub sepakbola di Indonesia pun begitu halnya dengan supporter di internasional mempunyai basis yang cukup besar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Namun terkadang para supporter membuat keonaran atau keributan dan sekalipun kehebohan. Contoh keonaran dan keributan itu biasanya terjadi jika klub yang mereka dukung saat pertandingan itu kalah kemudian para supporter akan marah seperti melempari botol – botol atau petasan kepada pemain lawan atau juga wasit. Selain itu ada tingkah laku dari supporter yang menyalakan sinar laser berwarna hijau yang disoroti ke wajah pemain lawan dan hal itu menggangu konsentrasi pemain , hal ini sering terjadi pada saat pertandingan sepakbol contohnya pada pergelaran Piala AFF tahun 2010 antara Indonesia Vs Malaysia.

Namun terkadang supporter sepakbola atau pemain ke-12 dalam pertandingan membuat kehebohan dengan masuk ke lapangan sepakbola saat pertandingan sedang berlangsung. Dan hal itu membuat hiburan bagi yang melihatnya. Contohnya supporter yang ingin memeluk pemain idamannya , ingin memasukkan bola ke gawang lawan dan banyak contohnya.

Para supporter sepakbola pun mempunyai nama – nama yang unik. Misalnya di klub Indonesia, supporter nya ada yang bernama bobotoh, the Jak Mania, Laskar Wong kito, dan masih banyak lagi. Selain di Indonesia , di Negara internasional lainnya seperti The Cops, The blues, The gunner, The Magpies dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga semboyan dari supporter untuk klub sepakbola seperti YNWA ( Liverpool ), GGMU (Manchester Uniter), Visca barca (Barcelona), Hala Madrid (Real Madrid), KTBFH (Chealsea) dan lain – lain.

Sebenarnya jika kita ingin menjadi supporter sepakbola itu harus disiplin juga baik itu dalam bersikap dan juga berkata- kata. Tidak boleh membuat kerusuhan baik didalam stadion sepakbola maupun diluar seperti tawuran dengan supporter lain hingga menjatuhkan korban meninggal. Kita sebagai supporter harus menerima kekalahan disaat klub yang kita dukung menerima kekalahan dalam pertandingan, dan tidak boleh mengejek supporter lain. Kemudian kita sebagai supporter klub sepakbola jangan mendukung klub disaat menang saja sedangkan pada saat terpuruk kita menghujat klub yang kita dukung dengan hinaan atau cacian. Kita harus mendukung klub yang kita sayangi dan dukung disaat kalah ataupun menang karena itu adalah ciri – cirri supporter yang baik attitudenya.

 

http://hyugholiverpudliand.blogspot.com/2012/11/twelve.html

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image