Etika Profesi -Artikel tentang GCG-

Antam terapkan GCG menuju perusahaan internasional
Kamis, 13 September 2012 18:22 WIB | 1405 Views
Kolaka, Sultra (ANTARA News) – PT Aneka Tambang (Persero) Tbk terus mengembangkan dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) untuk menjadi perusahaan pertambangan internasional.

“PT Antam telah menjadi GCG sebagai salah satu elemen penting dalam mempertahankan keberlanjutan pertumbuhan dan juga menjadi perusahaan pertambangan internasional,” kata External Relation PT Antam Tbk Unit Bisnis Pengembangan Nikel Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Rusdan, di Kolaka, Kamis.

Ia mengatakan Antam telah mendaftar sebagai perusahaan publik di Indonesia 1997 dan mencatatkan saham di Australia pada 1999.

“Sebagai BUMN yang cukup besar dan berpengaruh, PT Antam memiliki komitmen untuk terlibat dalam pertumbuhan Indonesia dengan berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian Indonesia sekaligus dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain,” ujarnya.

Menurut dia, tata kelola perusahaan bukanlah slogan, tetapi sesuatu yang menjiwai kegiatan perusahaan dan sesuatu yang harus diterapkan secara konsisten dan konsekuen.

“Tidak cukup menyatakan bahwa GCG telah diterapkan atau hanya mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki pedoman tata kelola perusahaan, dan memiliki komisaris independen atau membentuk komite audit,” ujarnya.

Penerapan tata kelola perusahaan, kata dia, tidak hanya ditandai dengan adanya struktur, namun harus dimulai dari atas agar tidak berhenti sebatas slogan.

“Direksi dan dewan komisaris sebagai manajemen puncak, dan manajemen di masing-masing unit bisnis perusahaan harus memiliki komitmen penuh dalam implementasinya agar tata kelola perusahaan benar-benar sebagai budaya yang hidup dan berlaku di perusahaan,” ujarnya.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image