Perbaiki Pendidikan Indonesia

Pendidikan di Indonesia adalah seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia, baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia (Kemdiknas), dahulu bernama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Depdikbud). Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar/madrasah dan tiga tahun di sekolah menengah pertama.

Indonesia terdiri dari ratusan bahkan ribuan pulau. Masih sangat banyak generasi penerus kita nanti. Memang, saat ini kita menganggap tidak cukup jika para penerus kita hanya belajar di sekolahsaja, sehingga kita mengikutkan mereka bermacam-macam les. Kita ingin para penerus pintar berhitung, kita ingin para penerus mahir berbahasa inggris, kita juga ingin para penerus jago fisika dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak memiliki kemampuan kognitif yang baik.

Namun, semua yang kita inginkan itu sepertinya hanya terdapat di sejumlah kota – kota besar saya yang ada di Indonesia. Bagaimana dengan nasib anak penerus bangsa kita yang berada di Pulau terpencil nan jauh disana ? bagaimana dengan anak yang sudah kehilangan orang tua ? bagaimana dengan anak yang usia masih dini tapi sudah harus bekerja karena tuntutan orang tua ? sungguh mengenaskan melihat kondisi pendidikan seperti ini.

Negara kita punya lembaga pendidikan Nasional, tapi sepertinya pembangunan infrastruktur sekolah untuk diluar pulau, pelosok daerah tidak ada yang memadai. Padahal anak – anak itu ingin merasakan pendidikan yang layak seperti para pelajar yang ada di kota. Mereka juga mempunyai cita – cita setinggi langit. Dimanakah hati nurani kita yang tinggal di kota besar ? Apakah kita memikirkan hal itu ? Mungkin saja diantara mereka jika mendapatkan pendidikan yang layak bisa membawa nama harum Bangsa Indonesia di kancah Internasional.

Dalam bidang olahraga pun sama dengan demikian, Negara ini begitu luasnya. Cabang olahraga apapun sebenarnya kita bisa ikuti di ajang Olimpiade. Dari Sabang sampai ke Merauke pasti ada yang bisa mewakili ke ajang Olahraga tingkat Internasional. Tapi lagi – lagi pengelola Negara ini pun dipertanyakan kualitas pekerjaannya! Apakah mereka yang mengelola sudah kompeten dalam bidangnya ? Jika sudah kompeten menurut saya masa depan penerus bangsa kita pasti akan lebih baik dan bisa membawa nama harum Negara Indonesia ini. Ingat! Kita itu Negara Kesatuan Republik Indonesia!

Pendidikan karakter penting bagi pendidikan di Indonesia. Pendidikan karakter akan menjadi basic atau dasar dalam pembentukan berkualitas bangsa, yang tidak mengabaikan nilai – nilaisosial seperti toleransi, kebersamaan, kegotongroyongan, saling membantu dan mengormati dan sebagainya. Pendidikan karakter akan melahirkan pribadi unggul yang tidak hanya memiliki kemampuan kognitif saja namun memiliki karakter yang mampu mewujudkan kesuksesan.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image