manfaat teknologi

tidak di ragukan lagi, sepanjang masa sejarah hidup manusia, teknologi baik yang primitif maupun modern telah sedang, dan akan terus memberikan manfaat bagi manusia.

sebagai hasil dari proses berpikir, teknologi tentu diarahkan untuk melayani manusia yang memikirkannya.

ada empat manfaat utama yang dapat dirasakan manusia terhadap teknologi, yaitu:

1. peningkatan produksi
jika pada 1800-an, seorang petani yang bekerja sejak fajar sampai senja hari dengan menggunakan kerbau atau sapi dalam membajak sawahnya hanya bisa menghasilkan makanan untuk sekitar empat orang. maka pada 1990-an, dengan menggunakan traktor, pestisida dan teknologi pertanian lainnya, seorang petani tadi bisa menghasilkan makanan untuk 100 orang.

2. pengurangan tenaga kerja
pada masa 1800-n, kebanyakan pekerjaan dilakukan dengan tangan atau mesin yang di operasikan dengan tangan. mereka bekerja antara 12-16 jam sehari, 6 hari dalam sepekan. namun, pada era 1990-an, para buruh bekerja 5 hari sepekan, dan 8 jam sehari, tapi hasilnya lebih banyak, ini karena digunakannya mesin-mesin tenaga non-hayati.
berkurangnya waktu ini akan menambah waktu luang/ senggang bagi para pekerja.

3. pekerjaan yang lebih mudah
pada era 1900-an, para pengembang batubara menggali sepanjang hari dengan linggis dan sekop hasilnya sedikit ton batubara, tambangnya gelap, dan berbahaya. hari ini, pertambangan masih berbahaya, namun pencahayaan dan ventilasi jauh leih baik pekerjaan menggali kini bisa dilakukan dengan mesin, sehingga dihasilkan 1 metrik ton batubara per menit.

4. standar hidup lebih tinggi
banyaknya barang dan jasa yang ditawarkan oleh teknologi telah membuat setiap orang memilih apa yang disukainya secara lebih mudah karena banyaknya pilihan. sarana hidup berlimpah, maka orang bisa lebih sehat, lebih bergizi makananya, lebih lama hidupnya dan seterusnya.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image