Tinta Emas Untuk Sekolahku

Memberikan yang terbaik untuk sekolah kita sendiri itu rasanya sungguh senang sekali. Yaaa itu yang pernah aku alami ketika aku masih duduk dibangku SMK, aku bersekolah di SMKN 26 Jakarta atau yang lebih dikenal dengan STM Pembangunan Jakarta. Duduk di kelas 2 atau tingkat 11 aku diberikan kesempatan oleh guruku untuk mengikuti Lomba Keterampilan Siswa SMK ( LKS ). Memang sejak pertama aku masuk kesekolah ini aku menginginkan untuk mengikuti kompetisi tersebut karena dikelas 1 pun aku pernah menonton lomba itu di tingkat Nasional yang diadakan di arena Pekan Raya Jakarta pada tahun 2010. Atmosfernya begitu luar biasa, semua peserta terlihat sangat “waahhhhh” bagi saya, mereka sangat terampil dengan mata lomba masing – masing, dan aku ingin seperti mereka yang membawa nama baik sekolah, guru, orang tua, dan diri sendiri ke tingkat Nasional.

Akupun ditunjuk oleh Ketua Jurusan Teknik Komputer Jaringan untuk mengikuti mata lomba IT Network Support  di ajang Lomba Keterampilan Siswa ( LKS ) tingkat Provinsi DKI Jakarta. Untuk mata lomba ini sekolahku memang tidak mengikuti seleksi tingkat Kecamatan ataupun wilayah Jakarta Timur, dikarenakan untuk wilayah Jakarta Timur sekolahku untuk mata lomba ini tidak ada sekolah yang mengikutinya. Jadi, nanti aku bertemu dengan perwakilan dai Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara,  dan Kepulauan Seribu. LKS tingkat Provinsi DKI Jakarta diadakan pada tanggal 13 – 15 September 2011 di GOR Rawamangun, Jakarta Timur.

 

Dari sekolah ku mengirimkan kurang lebih 15 murid untuk mewakili sekolahku diajang LKS tingkat Jakarta ini. Semua peserta terlihat begitu hebat, ini pengalaman pertama kali dalam hidupku untuk mewakili sekolahku untuk berlomba di tingkat Jakarta menghadapi dari berbagai sekolah lain yang notabennya sekolah unggulan yang bisa berhasil lolos ke tingkat Provinsi Jakarta ini.

 

Akupun memasuki area perlombaanku dimana aku peserta terakhir yang datang ke area. Disana ada 12 peserta lain yang sudah siap memulai lomba ini, akupun tidak kalah siap dengan mereka, aku sudah mempersiapkan semuanya dan aku yakin dengan kemampuanku. Di lomba ini aku diperintahkan untuk membangun sebuah PC Server ( Debian ), PC Router ( Debian ), setting Access Point, setting PC Client ( Windows ). Tentunya sebuah materi yang sulit bagi siswa yang masih duduk di bangku SMK.

 

Seiring berjalannya waktu akupun mengerjakan apa yang terdapat pada petunjuk teknis, akupun memulainya dengan merakit PC Server, install Debian Server, Install PC Router, selama ini aku dibimbing oleh seniorku yang dahulu juga merasakan atmosfer LKS ini bahkan beliau sampai Juara 1 di tingkat Nasional untuk mata lomba ini. Langkah demi langkah aku pun sukses mengerjakan ini tetapi akupun terdiam ketika ada 1 konfigurasi pada PC Server ku tidak berjalan dengan baik, sehingga tidak bisa melanjutkan ke langkah berikutnya, akupun memutuskan untuk beristirahat sejenak memulihkan pikiranku ini. Lawan – lawanku pun begitu serius mengerjakan semua ini dan hanya aku yang terdiam disaat itu. Setelah pikiranku agak tenang akupun melanjutkan menyelesaikannya, aku punya target bahwa hari itu juga tanggal 13 Sepetember 2011 aku harus selesai tapi kenyataannya tidak selesai karena PC yang disediakan oleh panitia yang aku pakai mengalami kerusakan, sedangkan ada 1 siswa dari sekolah lain yang hari itu sudah selesai dan aku pun pasrah bahwa dia akan keluar sebagai pemenangnya. Tetapi 14 September 2011 pukul 8 pagi berubah semuanya panitia mengumumkan peserta yang sudah selesai itu ternyata mengalami kesalahan konfigurasi dan dianggap belum selesai oleh panitia, maka dia juga melanjutkannya hari itu. Akupun semakin semangat karena peluang masih terbuka lebar. Dan Alhamdulillah tepat jam 11 siang aku selesai melakukan apa yang diperintahkan oleh panitia, dan Alhamdulillah juga aku peserta yang pertama selesai mengerjakannya total aku mengerjakan 10 jam. Tentu sangat melelahkan tapi juga sangat menantang J Aku tinggal menunggu hasilnya dan aku pun melepas semua beban itu berkumpul dengan teman – teman dan guruku yang sudah menunggu, aku sedikit bercerita tentang di area perlombaan ketika PC yang aku terima mengalami kerusakan.

 

Panitia pun sepertinya agak ngulur waktu pengumuman sampai pukul 7 malam. Semua peserta dag dig dug menunggu hasilnya siapa yang akan melaju ke Lomba Keterampilan Siswa tingkat Nasional se-Indonesia. Aku pun hanya menunduk dan berdoa agar aku bisa membanggakan untuk semuanya, untuk teman – teman, guru, sekolah, dan juga orang tua ku yang tidak bisa hadir saat pengumuman. Mata lomba IT Network Support ternyata diumumkan terakhir, 6 teman dari perwakilan sekolahku sudah maju ke panggung mereka juara 1 dan berhak melaju ke tingkat Nasional. Saat diumumkan peringkat 4 ternyata adik kelasku dari SMKN 26 juga, peringkat 3 dari SMK Telkom, peringkat 2 dari SMKN 4, dan Alhamdulillah namaku disebut sebagai pemenang aku menduduki peringkat 1 dan berhak lolos ke tingkat Nasional bersama 6 temanku yang lain :)sungguh pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan :) semua teriak dan menangis gembira :) tidak lupa diabadikan foto – fotonya :) terima kasih kepada semua guru – guruku, aku bisa seperti ini karena kalian, terima kasih kepada seniorku yang telah membimbing aku, terima kasih teman – temanku yang selalu setia memberikan dukungan kepadaku :)

 

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image