Love Indonesia

Indonesia , Negara yang terdiri dari banyak pulau , beragam budaya , beragam bahasa , dan kaya akan Sumber Daya Alam . Indonesia adalah Negara yang memiliki banyak potensi untuk menjadi negara yang mandiri disegala bidang , jika Sumber Daya yang ada dijaga , dirawat dan di manfaatkan dengan sebaik-baiknya . Baik sistem ekonomi , pemerintahan , seni & budayanya , pariwisata , kependudukan , dan bahkan transportasinya Indonesia akan lebih eksis di Dunia Internasional . Mungkin karena Indonesia lebih unggul dengan Sumber Daya Alamnya , sehingga yang dikenal oleh Negara-Negara luar adalah pariwisatanya . Padahal lebih dari itu , Indonesia mampu mengembangkan potensi dibidang lain supaya lebih dikenal di Dunia Internasional .  Saya yakin suatu saat nanti Indonesia bisa menjadi Negara yang diidam-idamkan bangsanya jika semua lapisan masyarakat bergotong-royong bersama-sama membangun segala bidang tersebut diatas dan pastinya dengan pemerintahan yang bersih . Jika pemerintahannya bersih , rakyat dan negerinya pasti makmur .

Pemerintahan

Negara Indonesia merupakan Negara Republik yang dipimpin oleh seorang Presiden dan wakil Presiden . Negara Indonesia merupakan Negara bekas jajahan Belanda dan Jepang hingga akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945 . Dari pertamakali merdeka hingga saat ini , Indonesia sudah mengalami beberapa kali pergantian sistem pemerintahan yang berbeda . Demokrasi Parlementer , Presidensial atau Demokrasi terpimpin , Orde Baru dan yang sekarang digunakan adalah sistem pemerintahan era Reformasi . Dari awal merdeka pada tahun 1945 sampai saat ini , Indonesia sudah pernah dipimpin oleh sebanyak 6 presiden dan 11 wakil presiden dan 11 kali periode pemilhan suara.  Urutannya yaitu :

  1. Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta
  2. Soeharto dan Hamengkubuwana IX
  3. Soeharto dan Adam Malik
  4. Soeharto dan Umar Wirahidakusuma
  5. Soeharto dan Soedharmono
  6. Soeharto dan Try Sutrisno
  7. Soeharto dan Baharuddin Jusuf Habibie
  8. Baharuddin Jusuf Habibie
  9. Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarno Putri
  10. Megawati Soekarno Putri dan Hamzah Haz
  11. Susilo Bambang Yudhoyono dan Muhammad Jusuf Kalla
  12. Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono

Sepanjang sejarah pemerintahan di Indonesia , Soeharto adalah presiden yang memimpin paling lama , beliau memimpin dalam beberapa periode selama 30 tahun lebih setelah akhirnya mengundurkan diri karena terjadi demo besar-besaran oleh kalangan mahasiswa yang memerintahkan beliau untuk lengser sebagai orang nomor satu di Indonesia .

 

Seni & Budaya

Berkaitan dengan seni&budaya , Indonesia memiliki banyak sekali macam kesenian dan budaya karena memang terdapat banyak suku di Indonesia . Salah satunya nyaitu wayang golek , kesenian asal Jawa Barat .

Wayang golek adalah suatu pagelaran seni yang tokohnya terbuat dari kayu yang sudah dibentuk dan didandani sedemikian rupa hingga menyerupai orang berukuran boneka yang mana golek-golek tersebut dikendalikan oleh seorang dalang . Dimulai dari gerak-gerik sebuah golek , sampai suara yang berbeda-beda ketika si golek memerankan tokohnya , semuanya dikendalikan oleh seorang dalang . Selain dalang , dalam pagelaran seni wayang golek tidak akan lengkap tanpa adanya sinden yang mengiringi pertunjukan wayang golek tersebut.

Pertunjukan wayang golek juga mempunyai alur cerita . Alur cerita dipilih oleh seorang dalang , alur cerita biasanya diambil dari cerita Ramayana dan Mahabrata menggunakan bahasa sunda dengan iringan gamelan Sunda (salendro), yang terdiri atas dua buah saron, sebuah peking, sebuah selentem, satu perangkat boning, satu perangkat boning rincik, satu perangkat kenong, sepasang gong (kempul dan goong), ditambah dengan seperangkat kendang (sebuah kendang Indung dan tiga buah kulanter), gambang dan rebab.

Seorang dalang juga mempunyai kode etik , antaralain :

  1. Seniman dan seniwati pedalangan adalah seniman sejati sebab itu harus menjaga nilainya.
  2. Mendidik masyarakat. Itulah sebabnya diwajibkan memberi con-toh, baik dalam bentuk ucapan maupun tingkah laku.
  3. Juru penerang. Karena itu diwajibkan menyampaikan pesan-pesan atau membantu pemerintah serta menyebarkan segala cita-cita negara bangsanya kepada masyarakat.
  4. Sosial Indonesia. Sebab itu diwajibkan mengukuhi jiwa gotong-royong dalam segala masalah.
  5. Susilawan. Diwajibkan menjaga etika di lingkungan masyarakat.
  6. Mempunyai kepribadian sendiri, maka diwajibkan menjaga kepribadian sendiri dan bangsa.
  7. Setiawan. Maka diwajibkan tunduk dan taat, serta menghormati hukum Republik Indonesia, demikian pula terhadap adat-istiadat bangsa.

Menurut orang-orang jaman dahulu dan menurut kepercayaan masyarakat Sunda , pagelaran seni wayang golek ataupun wayang kulit selain berfungsi untuk hiburan dan menyampaikan suatu nilai , pagelaran wayang juga berfungsi untuk meruat/ngaruat . Ngaruat yaitu membersihkan dari marabahaya banyak juga yang mengatakan untuk membuang sial .

Beberapa orang yang diruat :

  1. Wunggal (anak tunggal);
  2. Nanggung Bugang (seorang adik yang kakaknya meninggal dunia);
  3. Suramba (empat orang putra);
  4. Surambi (empat orang putri);
  5. Pandawa (lima putra);
  6. Pandawi (lima putri);
  7. Talaga Tanggal Kausak (seorang putra dihapit putri);
  8. Samudra hapit sindang (seorang putri dihapit dua orang putra), dan sebagainya.

Sejauh yang saya tahu , prosesi ruat dilakukan pada saat pagelaran wayang telah selesai . Orang yang hendak diruat dimandikan dengan air kembang tujuh-rupa dan ketika dimandikan dalang melafalkan doa-doa .

Pariwisata

Pariwisata merupakan salah satu aspek yang paling menonjol di Indonesia . Tempat-tempat yang banyak dikunjungi Turi Mancanegara yaitu , Bali dengan pantai Kuta , Bedugul , Tanah Lot , Ubud , Kintamani dan masih banyak lagi . Ada juga Candi Borobudur, Prambanan , Parangtritis , Keraton Yogyakarta di Daerah Istimwa Yogyakarta . Ada pula pantai senggigi di Lombok .

Selain dari yang tersebut diatas , ada sebuah obyek wisata di Papua dan merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang mempunyai salju abadi yaitu puncak Soekarno atau puncak Cartenz atau lebih dikenal Puncak Jaya Wijaya yang terdapat di Taman Nasional Laurentz , Mimika , Papua . Puncak Jaya Wijaya merupakan salah satu dari tujuh puncak benua yang sangat fenomenal karena sampai saat ini masih diselimuti salju abadi , meskipun terletak di daerah tropis .

Papua memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata karena memiliki obyek-obyek wisata yang sulit ditemui di Daerah lain . Selain dari puncak Jaya Wijaya , obyek wisata yang tak kalah eksotis yaitu Wisata Raja Ampat yang terletak di Papua Barat . Laut Raja Ampat memiliki terumbu karang yang luar biasa indahnya , itu menurut orang-orang yang pernah melakukan diving disana .

 

Kependudukan

Indonesia adalah Negara yang terdiri dari banyak pulau , beragam ras dan suku juga Agama , meskipun muslim lebih banyak mendominasi jumlah , meskipun terdiri dari beragam ras , suku juga agama tetapi Indonesia merupakan satu kesatuan dan mempunyai semboyan ‘Bhineka Tunggal Ika’ berbeda-beda tetapi tetap satu jua . Menurut Biro Sensus Amerika Serikat Indonesia memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 didunia pada tahun 2005 . Tidak heran karena penduduknyapun terdiri dari banyak suku bangsa . Suku Jawa boleh dibilang suku yang jumlahnya paling banyak dibanding suku-suku lainnya di Indonesia ini .

Suku-suku yang terdapat di Indonesia , yaitu :

  • Suku Jawa
  • Suku Sunda
  • Tionghoa-Indonesia
  • Suku Melayu
  • Suku Madura
  • Suku Batak
  • Minangkabau
  • Suku Betawi
  • Suku Bugis
  • Arab-Indonesia
  • Suku Banten
  • Suku Banjar
  • Suku Bali
  • Suku Sasak
  • Suku Makassar
  • Suku Cirebon

Suku yang tersebut diatas hanya bagian dari jumlah suku yang ada di Indonesia yang terdiri dari 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010 .

 

Reff:

MyPangandaran.blogspot.com

Wikipedia.org

Rentalmobilbali.net

TokoBungaNusantara.com

Beritakawanua.com

Serbasejarah.blogspot.com

 

 

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image