Proud Of Indonesia

Proud Of Indonesia


     Negara ku, Negara Republik Indonesia (RI) memiliki banyak keanekaragama suku, agama, ras, seni dan budaya. Negara Indonesia yang dikenal dengan Negara Kepulauan terbesar di dunia memiliki 13.487 pulau yang ada mengitari Indonesia. Negara Indonesia dilintasi di garis khatulistiwa, berada di antara benua Asia dan benua Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Negara Indonesia berbatasan darat dengan Negara Malaysia di Pulau Kalimantan, Pulau Papua dan Pulau Timor. Negara Indonesia memiliki Ibu kota adalah Kota Jakarta, dimana pusat aktivitas ada di Kota Jakarta. Bentuk pemerintahan dari Negara Indonesia adalah Republik dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan pemilihan Presiden yang dipilih secara langsung oleh rakyatnya. Negara Indonesia banyak melewati lika-liku kehidupan dan banyaknya rasa di jajah oleh negara asing sampai akhirnya negara Indonesia dapat memerdekakan diri dari para penjajah. Mulai dari yang bertahun-tahun bahkan sampai ada yang berabad-abad negara-negara asing menjajah negara Indonesia. Negara-negara yang pernah menjajah negara Indonesia, yaitu :

 

1. Portugis pada tahun 1509, hanya Maluku, berhasil diusir pada pada tahun 1595

 

2. Spanyol pada tahun 1521, hanya Sulawesi Utara, berhasil diusir pada tahun 1692

 

3. Belanda pada tahun 1602, seluruh wilayah Indonesia.
4. Perancis secara tidak langsung menguasai Jawa pada periode 1806-1811 karena Kerajaan Belanda takluk kepada kekuatan Perancis. Ketika Louis Bonaparte adik Napoleon Bonaparte naik takhta Belanda pada tahun 1806, maka secara otomatis jajahan Belanda jatuh ke tangan Perancis. Periode ini berlangsung pada pemerintahan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels pada tahun 1808-1811. Berakhir pada tahun 1811 ketika Inggris mengalahkan kekuatan Belanda-Perancis di pulau Jawa.
5. Inggris pada tahun 1811, sejak ditandatanganinya Kapitulasi Tungtang yang salah satunya berisi penyerahan Pulau Jawa dari Belanda kepada Inggris, Pada tahun 1814 dilakukanlah Konvensi London yang isinya pemerintah Belanda berkuasa kembali atas wilayah jajahan Inggris di Indonesia. Lalu baru pada tahun 1816, pemerintahan Inggris di Indonesia secara resmi berakhir.
6. Jepang pada tahun 1942, hanya 3,5 tahun, dan berakhir pada tahun 1945, sejak kekalahan Jepang kepada sekutu (www.wikepedia.com).

 

Tentunya warga negara Indonesia tak pantang menyerah dan putus asa dengan masa penjajahan oleh berbagai negara. Usaha demi usaha dilakukan sampai akhirnya negara Indonesia dapat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
Kependudukan

Penduduk adalah salah satu faktor penting terbentuknya Negara, Negara tidak akan ada tanpa ada nya penduduk di dalamnya.  Memiliki penduduk yang banyak mempunyai dampak positif dan negativ, begitu pula yang di alami oleh Negara Indonesia. Negara Indonesia menjadi Negara ke empat yang memiliki penduduk yang banyak dan ini di dominan oleh penduduk yang beragama islam. Tak mudah untuk mengatur Negara yang memiliki penduduk yang banyak, banyak masalah-masalah yang terjadi karna hal tersebut. Di Indonesia masalah kependudukan ini adalah masalah yang sudah terjadi dari zaman dulu akan tetapi masalah ini tidak mendapatkan perhatian oleh pihak-pihak lain, seperti pemerintah dan masyarakat itu sendiri. Jika kita lihat dan kita perhatikan, masalah kependudukan ini adalah masalah yang sangat penting karna bisa memberikan dampak ke bidang-bidang lain nya. Seperti dalam bidang lingkungan, banyaknya penduduk yang menghuni di suatu negara maka makin banyak pula diperlukan nya lahan untuk membuat tempat tinggal mereka dan membuat peralihan dari lahan sawah atau hutan menjadi tempat hunian masyarakat. Dalam bidang sosial, banyak nya penduduk membuat Negara tersebut harus memberikan lebih tempat untuk mereka bekerja dan mencari nafkah demi menyambung kehidupan nya, jika ini tidak diperhatikan dengan baik maka penduduk di Negara tersebut bisa menganggur dan karna hal itu mereka bisa saja membuat atau melakukan hal yang nekat dan tidak baik untuk mendapatkan uang demi menyambung hidupnya. Itu akan merusak moral penduduk dan generasi-generasi penerus bangsa.

Seni dan Budaya

     Negara Indonesia sangat luas dan memiliki banyak tempat, maka dari itu seni dan budaya yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Seni dan budaya yang unik dan menciri khas kan negara Indonesia sehingga seni dan budaya Indonesia haruslah di lestarikan agar bisa diperkenalkan kedunia luar. Seni dan budaya berasal dari berbagai unsur yang ada dan berkembang di ruang lingkup masyarakat dan diturunkan dari genereasi ke generasi , seperti cara hidup, adat istiadat, keagamaan, politik, bangunan, pakaian, makanan dan lainnya. Salah satu seni dan budaya di Indonesia adalah wayang.  Wayang adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga (www.scribd.com).   Jenis-jenis wayang menurut bahan pembuatannya antara lain :
1. Wayang kulit

2. Wayang kayu

3. Wayang orang

4. Wayang rumput
Kita akan membahas salah satu jenis wayang dari empat jenis wayang menurut bahan pembuatannya, yaitu wayang orang. Wayang orang disebut juga dengan istilah wayang wong (bahasa Jawa) adalah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut. Wayang orang diciptakan oleh Sultan Hamangkurat I pada tahun 1731. Sesuai dengan nama sebutannya, wayang tersebut tidak lagi dipergelarkan dengan memainkan boneka-boneka wayang (wayang kulit yang biasanya terbuat dari bahan kulit kerbau ataupun yang lain), akan tetapi menampilkan manusia-manusia sebagai pengganti boneka-boneka wayang tersebut. Mereka memakai pakaian sama seperti hiasan-hiasan yang dipakai pada wayang kulit. Supaya bentuk muka atau bangun muka mereka menyerupai wayang kulit, sering kali pemain wayang orang ini diubah/dihias mukanya dengan tambahan gambar atau lukisan lain nya untuk memperkuat karakter yang dimainkan. Pertunjukan wayang orang yang masih ada saat ini, salah satunya adalah wayang orang Barata (di kawasan Pasar Senen, Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Sriwedari Solo, Taman Budaya Raden Saleh Semarang, dan lain-lain) (www.wikipedia.com).
Pariwisata
Tentunya negara Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang sangat banyak dan menarik. Tempat wisata ini adalah sektor ekonomi Indonesia setelah komoditi minyak, gas bumi dan kelapa sawit. Kekayaan alam dan budaya yang unik adalah hal terpeting untuk meningkatkan daya tarik wisatawan untuk menikmati tempat wisata yang ada di Indonesia. Contoh tempat wisata dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Indonesia adalah pulau sikuai di Sumatera Barat dan candi muara takus di Riau.
1.    Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatera. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal, melalui pelabuhan Muara. Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak swasta, telah memfasilitasi pulau ini dengan hotel resort. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing ataupun wisata bahari (www.wikipedia.com).

2.     Situs Candi Muara Takus adalah sebuah situs candi Buddha yang terletak di di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Adanya candi ini menguatkan bahwa pernah ada agama Buddha yang ada di daerah Riau tersebut. Situs Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm, batu sungai dan batu bata, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir Sungai Kampar Kanan.  Berbeda dengan candi yang berada di Jawa, yang dibuat dari batu andesit yang diambil dari pegunungan. Bahan pembuat Candi Muara Takus, khususnya tanah liat, diambil dari sebuah desa yang bernama Pongkai, terletak kurang lebih 6 km di sebelah hilir situs Candi Muara Takus. Nama Pongkai kemungkinan berasal dari Bahasa Cina, Pong berati lubang dan Kai berarti tanah, sehingga dapat bermaksud lubang tanah, yang diakibatkan oleh penggalian dalam pembuatan Candi Muara Takus tersebut. Bekas lubang galian itu sekarang sudah tenggelam oleh genangan waduk PLTA Koto Panjang. Namun dalam Bahasa Siam, kata Pongkai ini mirip dengan Pangkali yang dapat berarti sungai, dan situs candi ini memang terletak pada tepian sungai. Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar, berbentuk menara yang sebagian besar terbuat dari batu bata dan sebagian kecil batu pasir kuning. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka. Selain bangunan tersebut di dalam komplek candi ini ditemukan pula gundukan yang diperkirakan sebagai tempat pembakaran tulang manusia. Sementara di luar situs ini terdapat pula bangunan-bangunan (bekas) yang terbuat dari batu bata, yang belum dapat dipastikan jenis bangunannya. Candi ini telah ada pada zaman keemasan Sriwijaya, sehingga beberapa sejarahwan menganggap kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan Sriwijaya. Pada tahun 2009 Candi Muara Takus dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO (www.wikipedia.com).

Transportasi

Transportasi adalah alat yang sangat terpenting untuk menghemat waktu dan memudahkan perjalanan dari suatu tempat menuju tempat lainnya. Ada tiga alat transportasi yaitu transportasi darat, transportasi laut dan transportasi udara. Indonesia adalah negara kepulauan maka dari itu alat transportasi laut adalah alat transportasi yang sangat penting untuk menghubungkan banyak pulau dan tempat di  Indonesia. Dari zaman ke zaman dan seiring berjalan nya waktu alat transportasi yang ada di Indonesia ini mengalami perubahan sesuai kurun waktunya. Yang awalnya menggunakan alat transportasi yang sederhana, sekarang sudah menggunakan alat transportasi yang modern yang menggunakan alat-alat teknologi.
1.   Trasnportasi darat
Alat transportasi darat sangat perlu digunakan untuk mencapai tempat yang jauh dan terpencil. Awal alat trasnportasi darat di Indonesia adalah menggunaka binatang, seperti binatang kuda. Alat transportasi bermula berkembang dengan adanya kereta kuda, lalu berubah menjadi delman-delman. Tak hanya kuda saja yang bisa dijadikan alat transportasi, sapi ataupun kerbau juga bisa digunakan untuk membawa hasil sawah atau yang lain nya. Seiring berjalan waktu alat transportasi tradisional sudah makin tergeser dengan munculnya alat transportasi modern, seperti trem, lalu term ini digantikan oleh bus-bus kecil dan besar, lalu muculah bus trans Jakarta (busway) dan kereta api yang bisa mengangkut penumpang banyak. Dan sekarang terus berkembang alat-alat trasnportasi yang semakin modern.

2.     Transportasi laut
Negara Indonesia adalah Negara Kepulauan, tentunya Negara Indonesia sangat memerlukan sekali alat transportasi laut untuk menghubungkan pulau-pulau yang ada di dalam negeri ataupun luar negeri. Awalnya alat transportasi di laut ini berbentuk kecil dan sangat sederhana seperti perahu kecil yang disebut kelotok atau ketingting yamg hanya bisa mengangkut beberapa penumpang, lalu bus air berupa perahu pangjang yang bisa mengangkut puluhan penumpang, hingga sekarang berkembang menjadi besar dan modern, tak hanya orang bisa dinaiki oleh kapal zaman sekarang tetapi kendaraan-kendaraan pun sekarang sudah bisa untuk naik di kapal.

3.     Transportasi udara
Tak hanya alat transportasi darat dan laut saja yang dimiliki oleh Negara Indonesia, melaikan alat transportasi udara pun juga sudah ada. Awalnya Negara Indonesia membeli pesawat terbang dari Singapore, berjalan nya waktu Indonesia berusaha untuk membuat industri pesawat terbang yang didirikan oleh DR.B.J.Habibie, dan hebatnya Indonesia bisa membuat pesawat terbang sendiri, akan tetapi itu tidak berlangsung lama karna adanya krisis moneter di Indonesia. Dan sekarang di Indonesia sudah banyak maskapai-maskapai penerbangan yang bekerja, tak hanya pesawat terbang saja melainkan sudah ada helicopter.

     Saya bangga menjadi warga Negara Indonesia, karna Negara Indonesia memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman suku, budaya, ras, agama. Dan semestinya kita semua bangga menjadi warga Negara Indonesia. Kita harus bisa menjaga dan melestarikan seni, budaya yang ada di Indonesia, kita harus bisa membangkitkan dan membuktikan kepada Negara lain bahwa Negara Indonesia bisa berubah menjadi yang lebih baik, kita harus bisa maju !!! Semangat Indonesia.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image