Tari Jaipong dimata masyarakat dan dunia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sudah tak asing lagi budaya tari Jaipong menjadi ikon sebuah kota Jawa Barat. Tari Jaipong sendiri diperkenalkan oleh seseorang yang berasal dari Bandung bernama Gugum Gumbira. Jaipong sendiri merupakan sebuah budaya yang memperkenalkan tarian bisa perorangan dan berpasangan (pria dan wanita), dengan diringi sebuah dentuman alat musik gendang dan sejenis alat tradisi nasional lainnya untuk memberikan irama pada penari. Tari jaipong pun sudah dikenal luas hingga mancanegara karena keindahan yang ditampilkan serta sebuah budaya yang asli berasal dari indonesia. Dan beberapa penilaian tentang tari Jaipong mendapat respon negatif dari beberapa kalangan masyarakat karena menganggap tari Jaipong adalah sebuah tarian pulgar.

Tapi hal negatif menjadi sebuah hal yang positif karena tari Jaipong  bukanlah sebuah tarian erotis atau pulgar karena dengan mengenalkannya lebih luas lagi. Jaipong sendiri merupakan budaya yang tidak mungkin tidak diketahui oleh warga negara Indonesia khususnya dari Jawa Barat, karena dimulai dari masyarakat kecil hingga masyarakat kota yang menyaksikannya. Dengan sudah dikenalkannya tarian tersebut sejak kecil oleh kedua orang tua, sekolah, acara pementasan seni hingga acara – acara resmi. Antusiasme warga dari negara lain pun semakin banyak karena ingin mengenal budaya yang berada di indonesia sungguh beragam. Terutama mereka ingin mengenal tari jaipong yang berasal dari kota Jawa Barat.

Tari jaipong mungkin kini sekarang agak kurang berkembang dalam masyarakat karena banyak warga Negara Indonesia  lebih mengenal budaya dari negara lain dibanding budaya dari negara sendiri. Hal ini karena negara lain menampilkan budaya mereka lewat beragam jenis. Mulai dari internet, televisi surat kabar yang membuat peredaran semakin cepat. Bila saja negara ini bisa memperkenalkan budaya dari negara indonesia  bukan hanya dari tari jaipong saja tapi dengan budaya – budaya yang dimiliki kepada dunia luar dengan cara yang sama mungkin lebih pesat dan lebih luas lagi dikenal oleh masyarakat dunia, bisa  membuat budaya indonesia menjadi semakin dikenal oleh dunia. Karena Indonesia adalah sebuah negara yang mempunyai sebuah kekayaan alam dan budaya yang dimiliki oleh beberagam kota. Alangkah indahnya bila negara indonesia sangat dikenal oleh negara lain. Dan bisa dinilai dengan sangat baik serta membuat negara lain untuk mencontohnya dan memperkenalkany kepada masyarakat diluar sana.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image