Jurnal Evaluasi Sistem Akuntansi Terhadap Penerimaan Kas Pada Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti Bekasi

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI TERHADAP PENERIMAAN KAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN SMA MARTIA BHAKTI BEKASI

ABSTRAK

Penggunaan sistem akuntansi dalam akuntansi dalam sebuah perusahaan sangat mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh pimpinan. Oleh sebab itu, sistem akuntansi yang di buat oleh penulis dapat berguna bagi perusahaan yang terkait. Untuk mengetahui sistem akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran kas pada lembaga pendidikan sesuai dengan standar sistem akuntansi yang telah ditetapkan maka penulis mengimplementasikan tata cara tersebut ke dalam sistem akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran kas pada Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti dan menggambarkan sistem akuntansi tersebut dengan menggunakan bagan alir dokumen (flowchart). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas yang sedang berjalan pada Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti dan apakah sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas tersebut sudah berjalan efektif. Dari hasil penelitian yang didapat diketahui sistem akuntansi penerimaan kas terditi dari dua prosedur, yaitu prosedur marketing dan tata usaha. Begitu juga pada sistem akuntansi pengeluaran kas hanya terdiri dari satu prosedur , yaitu prosedur bagian tata usaha. Sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas tersebut kurang sesuai dengan standar sistem akuntansi yang telah ditetapkan karena memiliki kelemahan yaitu pada penerimaan kas bagian marketing hanya dipegang oleh satu orang yang sama, dan pada sistem akuntansi pengeluaran kas hanya terdapat satu bagian saja dan hanya dipegang oleh satu orang yang sama, sehingga dinilai dapat menimbulkan kecurangan berupa manipulasi data. Oleh karena itu, bagian yang diusulkan dari hasil penelitian sistem akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran kas adalah pada sistem akuntansi penerimaan kas terdiri dari empat prosedur yaitu prosedur bagian marketing, prosedur bagian akademik, prosedur bagian keuangan, prosedur bagian akuntansi. Dan bagian yang diusulkan pada pengeluaran kas terdiri dari dua prosedur yaitu prosedur bagian keuangan dan prosedur bagian akuntansi, dengan setiap bagian dipegang oleh satu orang maka sistem penerimaan kas dan pengeluaran kas dapat berjalan dengan efektif.

 

Kata Kunci : Sistem Akuntansi, Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas.

 

PENDAHULUAN

 

Kebutuhan akan sebuah informasi pada saat ini sangat penting dalam segala bentuk kegiatan, salah satunya yaitu dalam kegiatan bisnis. Dari setiap informasi itu pasti akan di dapatkan sebuah manfaat. Manfaat informasi yang di dapat dari sebuah kegiatan bisnis adalah sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Dengan adanya sebuah sistem akuntansi, penyajian informasi yang sangat dibutuhkan dapat secara cepat diperoleh, tepat waktu, relevan, dan akurat.

Kas bisa memberikan kekuatan bagi setiap bagian dari sebuah organisasi perusahaan untuk melakukan berbagai kegiatan dalam suatu organisasi, lembaga, ataupun perusahaan. Kas itu merupakan salah satu aktiva yang paling lancar (likuid). Hampir pada setiap transaksi dengan pihak luar perusahaan pasti selalu mempengaruhi kas. Dalam suatu kegiatan bisnis sehari-hari, kas merupakan alat pertukaran sehingga segala kegiatan yang ada akan bermula pada kas dan berakhir pada kas. Kas mempunyai beberapa fungsi yang penting, dan salah satu fungsi penting tersebut adalah sebagai alat pembayaran untuk kegiatan operasional perusahaan.

Sistem akuntansi mempunyai peranan yang sangat besar bagi suatu perusahaan, karena dengan adanya sistem akuntansi tersebut akan merubah sistem pencatatan yang semula manual menjadi pencatatan yang berupa bagan alur flowchart. Sistem akuntansi yang ada tersebut hampir mewakili semua informasi selama perusahaan tersebut menjalankan semua kegiatan produksi.

Hal itu juga yang harus menjadi perhatian Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti sebagai pelayanan pendidikan yang berkualitas atas dasar Iman dan Taqwa. Peranan sistem akuntansi sangat besar bagi Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti. Sistem penerimaan dan pengeluaran kas harus dilaksanakan secara efektif dan efisien agar tidak terjadi penyalahgunaan kas. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang memadai untuk mengawasi kegiatan penerimaan dan pengeluaran kas.

 

TINJAUAN PUSTAKA

 

Menurut Mulyadi (2001 : 3) sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Menurut Widjajanto (2001 : 4) sistem akuntansi adalah susunan berbagai formulir, catatan, peralatan, termasuk komputer dan perlengkapan serta alat komunikasi, tenaga pelaksanaannya dan laporan yang terkoordinasi secara erat yang didisain untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi yang dibutuhkan manajemen.

Menurut Marom (2002 : 1) sistem akuntansi adalah gabungan dari formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data dalam suatu badan usaha dengan tujuan menghasilkan informasi-informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dala mengawasi usahanya untuk pihak-pihak lain yang berkepentingan.

 

Tujuan Penyusunan Sistem Akuntansi

Pada umumnya sistem akuntansi disusun untuk dapat memenuhi tiga macam tujuan, yaitu :

  1. Untuk meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan sistem informasi, khususnya informasi akuntansi dianggap memilki kualitas tinggi bila informasi yang bersangkutan : relevan, tepat waktu, mempunyai daya banding, dapat diuji kebenarannya, mudah dimengerti, dan lengkap.
  2. Untuk meningkatkan pengendalian akuntansi dan cek internal. Sistem akuntansi harus dapat memberikan jaminan bahwa informasi akuntansi yang dihasilkan dapat diandalkan. Selain itu sistem akuntansi harus menyediakan catatan-catatan yang lengkap sedemikian rupa sehingga terjamin pertanggungjawaban keamanan harta milik organisasi.
  3. Untuk menekan biaya klerikal untuk menyelenggarakan catatan-catatan. Dalam hal ini harus diingat bahwa tujuan butir 1 dan 2 harus dicapai dengan pertimbangan biaya yang masuk akal.

 

METODE PENELITIAN

 

Objek Penelitian

Objek dari penelitian ini adalah Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti Jl. Jendral Soedirman km. 32 Kayu Ringin Jaya Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti ini adalah sebuah lembaga pendidikan yang komit terhadap kecerdasan anak bangsa sejak tahun 1983. Lembaga ini berada di bawah naungan Yayasan/Llembaga Pendidikan Martia. Status lembaga ini adalah Akreditas “A” oleh BAS Provinsi Jawa Barat. Lembaga ini mempunyai fasilitas gedung 4 (empat) lantai dengan masjid besar 2 (dua) lantai dengan kapasitas 1.500 jamaah, berbagai laboratorium seperti fisika, kimia, komputer, dan lain-lain. Selain itu semua komputer yang ada telah tersambung dengan internet berteknologi MMA-ADSL, bukan dial up. Lokasi dari lembaga ini sangat strategis karena berada di Jalan Jendral Sudirman km. 32.

 

Alat Analisis yang Digunakan

Alat analisis yang digunakan oleh penulis adalah analisis deskriptif, yaitu penulis menganalisis masalah dengan cara mendeskripsikan dengan kenyataan yang ada pada perusahaan dan membandingkannya dengan teori yang standar sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Dalam hal ini penulis menggunakan bagan alir dokumen (flowchart).

Flowchart adalah teknis analisis yang digunakan untuk mendeskripsikan beberapa aspek dari sistem informasi yang jelas, ringkas, dan logis. Flowchart menggunakan simbol-simbol standar untuk mendeskripsikan melalui gambar prosedur pemrosesan transaksi yang digunakan perusahaan dan arus data melalui sistem.

 

PEMBAHASAN

 

Prosedur dalam sistem akuntansi yang terdapat pada Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti pada penerimaan kas terdapat dua bagian yaitu Marketing dan Tata Usaha, sedangkan pada sistem pengeluaran kas terdapat satu bagian yaitu Tata Usaha.

 

 

Bagian Marketing

Gambar Alir Dokumen Penerimaan Kas pada Bagian Marketing

 

Bagian Tata Usaha

Gambar Alir Dokumen Penerimaan Kas pada Bagian Tata Usaha

 

 

Evaluasi Sistem Penerimaan Kas

  1. Dari segi organisasi

Setiap pekerjaan yang berkaitan dengan penerimaan kas hanya dipegang oleh   satu orang karyawan yang sama, itu tidak efektif karena dapat menimbulkan kecurangan (fraud) dan manipulasi data dalam penerimaan kas.

  1. Dari segi sistem organisasi dan prosedur pencatatan

Tidak adanya pemisahan tugas dan tanggungjawab antara yang menerima kas dan yang melakukan pencatatan. Pada Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti sistem pencatatannya hanya dilakukan dengan cara manual.

  1. Dari segi praktik yang sehat

Transaksi yang terkait penerimaan kas hanya dilakukan oleh satu orang yang sama, tanpa ada campur tangan dari orang lain atau bagian lain.

 

Usulan Sistem Akuntansi Penerimaan Kas

Prosedur sistem akuntansi yang diusulkan terdapat bagian marketing, akademik, keuangan, dan akuntansi.

Bagian Marketing

Gambar Alir Dokumen Penerimaan Kas yang Diusulkan pada Bagian Marketing

 


 

Bagian Akademik

Gambar Dokumen Penerimaan Kas yang diusulkan pada Bagian Akademik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian Keuangan

Gambar Alir Dokumen Penerimaan Kas yang Diusulkan pada Bagian Keuangan

 

Bagian Akuntansi

Gambar Alir Dokumen Penerimaan Kas yang Diusulkan pada Bagian Akuntansi.

 

 

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dari bab-bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Sistem akuntansi penerimaan kas yang ada saat ini pada Lembaga Pendidikan SMA Marti Bhakti diketahui memiliki dua bagian yang mengelola, yaitu bagian marketing dan bagian tata usaha. Sedangkan pada sistem akuntansi pengeluaran kas yang sedang berjalan saat ini pada Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti diketahui hanya memiliki satu bagian yang mengelola, yaitu bagian tata usaha.
  2. Sistem akuntansi penerimaan kas yang ada pada Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti saat ini dinilai kurang efektif karena pada sistem akuntansi penerimaan kas memiliki kelemahan yaitu hanya ada dua bagian saja yaitu bagian marketing dan tata usaha. Pada dua bagian itu hanya dipegang oleh satu orang karyawan tidak adanya pemisahan tugas dan tanggung jawab antara yang menerima kas dan yang melakukan pencatatan, dan transaksi penerimaan kas hanya dilakukan oleh satu orang yang sama tanpa ada campur tangan dari bagian lain. Sedangkan pada sistem akuntansi pengeluaran kas yang ada pada Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti juga dinilai kurang efektif karena pada sistem pengeluaran kas memiliki kelemahan yaitu hanya memiliki satu bagian yaitu bagian tata usaha. Pada satu bagian itu tidak ada pemisahan tugas dan tanggung jawab antara yang mengeluarkan kas dan yang melakukan pencatatan, sistem pencatatan dan pengarsipan transaksi pengeluaran kas hanya dilakukan secara manual, dan transaksinya juga hanya dilakukan oleh satu orang yang sama tanpa adanya campur tangan dari bagian lain.

 

Saran

Usulan untuk Lembaga Pendidikan SMA Martia Bhakti adalah pembuatan sistem akuntansi yang efektif yang dapat dipakai selama perusahaan tersebut berjalan. Sistem akuntansi yang efektif yaitu dengan penambahan bagian yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran kas. Bagian yang menerima uang sebaiknya dilakukan oleh kasir untuk mencegah terjadinya kecurangan (Fraud). Selain kasir penambahan bagian penerimaan dan pengeluaran kas adalah bagian keuangan yang bertugas mengelola keuangan dan bagian akuntansi yang bertugas melakukan pencatatan dari setiap transaksi serta membuat laporan keuangan keuangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.

Marom, Chairul. 2002. Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang.Jakarta: PT. Grafindo.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Narko. 2007. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara.

Romney, Marshall B. Dan Paul John Steinbart. 2009. Accounting Information System (Sistem Informasi Akuntansi). Buku Satu. Edisi Kesembilan. Salemba Empat: Jakarta.

Santoso, Iman. 2007. Akuntansi Keuangan Menengah. Cetakan Pertama. PT Refika Aditama. Jakarta.

Widjajanto. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

 

NB : Tidak bisa upload flowchart.

Alamat blog : http://cliq-zone.blogspot.com/2013/06/jurnal-evaluasi-sistem-akuntansi.html

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image