Macam-Macam Baju Batik Warisan Nusantara

Baju batik merupakan pakaian tradisional bangsa Indonesia. Kain batik sebagai kain bahan untuk membuat pakaian batik telah diproduksi secara turun temurun sejak nenek moyang. Kita sebagai generasi muda patut berbangga diri dengan dimilikinya batik sebagai budaya bangsa. Apalagi batik kini telah diakui secara resmi oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan bangsa Indonesia. Untuk melestarikan batik, salah satu tindakan nyata yang dapat dilakukan adalah dengan memakai batik dalam berbagai kesempatan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai macam-macam baju batik yang berkembang di nusantara.

Model batik couple

Model batik couple via http://www.batiksekar.com/

Tips Memilih Macam-Macam Baju Batik

Kini baju batik sudah banyak berkembang baik dari segi teknik pembuatan, jenis kain yang digunakan juga motif batik yang beraneka ragam. Apabila dahulu batik diproduksi dalam skala rumahan dan terbatas karena dibuat dengan teknik tulis, kini batik dapat diproduksi secara missal dengan teknik cap atau printing. Kain yang digunakan untuk menggambar motif batik pun berbeda-beda. Apabila dulu hanya dikenal kain putih yang disebut kain mori, maka kini motif batik dapat dituangkan dalam beberapa jenis kain seperti sutra, silk dan juga sifon.

Dengan semakin beragamnya teknik dan juga bahan kain batik, maka ada banyak pilihan baju batik. Batik yang berasal dari kain katun akan terkesan lebih santai dan casual sedangkan batik berbahan sutra atau silk maka akan membuat kesan formal dan resmi. Dengan demikian, pemilihan bahan baju batik sangat ditentukan dengan kesesuaian acara yang akan dihadiri. Selain itu ukuran yang pas akan sangat mendukung penampilan Anda. Oleh karena itu, pilihlah model baju batik yang pas di badan. Ada macam-macam baju batik yang beredar di pasaran dengan berbagai model yang beragam pula.

Selain jenis bahan dan ukuran, hal lain yang harus diperhatikan saat memilih satu diantara macam-macam baju batik adalah motif dan warna batik. Untuk acara resmi, pilihlah motif batik yang klasik atau geometris. Misalnya saja motif jamplang dari batik pekalongan. Namun untuk suasana santai maka pilihlah motif batik flora atau fauna. Selain itu pilihlah warna motif batik yang cerah.

Salah satu model baju batik yang sedang populer saat ini adalah batik couple, model batik pasangan suami istri berupa batik pria dan batik wanita ini cukup menyita perhatian karena desain dan model yang sangat elegan akan membuat anda dan pasangan terlihat sangat serasi.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image