Hal yang Perlu Diperhatikan Menanti Kehamilan Pertama

Bagi pasangan yang sudah menikah, tentunya anak pertama merupakan anugrah yang dinanti-nantikan sebagai pelangkap keluarga. Menanti kehamilan pertama suatu hal yang ditunggu oleh calon ibu.

Young Woman with Pregnancy Test

Seperti Sedang Haid

Gejala PMS maupun tanda awal kehamilan memiliki gejala yang hampir sama. Tubuh yang hamil atau pun tidak hamil tetap akan menghasilkan banyak progesteron setelah ovulasi. Gejala horman akan sama seperti PMS, seperti nyeri payudara, mood yang sudah berubah dan peurt kembung. Jika Anda hamil produksi progesteron akan memakan waktu lebih banyak daripada pelepasan hormon saat haid yang sekitar 10 hari setelah ovulasi.

Pendarahan tapi Bukan Haid

Pendarahan bisa terjadi dalam lebih kurang 30 % kehamilan, yang mampu menciptakan calon mama berpikir bahwa dirinya mengalami haid. Pendarahan ini terjadi di lebih kurang jadwal haid Anda atau beberapa hari lebih cepat waktu sel telur yang dibuahi melekat pada lapisan rahim. Seperti sedang haid, tahapan ini menyebabkan pendarahan & kram ringan. Walau begitu, terdapat beberapa perbedaan: “Pendarahan ini cenderung lebih ringan dan lebih pendek durasinya dibandingkan saat Anda sedang haid. Kemungkinan hanya mendapati adanya bercak bukan pendarahan misalnya layaknya haid,” terperinci Dr. Kim. Bercak ini pun cenderung berwarna coklat belia atau hitam, bukan merah. Tapi apabila Anda nir mengalami pendarahan ini, jangan risi. Anda masih bisa hamil dan memiliki kehamilan yg sehat tanpanya.

Anggap Sedang Hamil

Meskipun presentase kehamilan hanya ada sekitar 15 sampai 25 % setiap bulannya (tergantung pada usia Anda), namun tetaplah penting bagi Anda buat berpikir dan bertindak misalnya Anda sedang hamil hingga Anda mengetahuinya dengan tepat. Dengan begitu, Anda akan menghindari alkohol, membatasi minum kopi satu hingga 2 cangkir per hari, menghindari ikan yang tinggi merkuri, kuliner laut, daging, unggas, dan telur yg masih mentah. “Jangan membatasi diri Anda terlalu ketat, tapi perlakukan diri Anda seolah-olah Anda hamil dan wajib  menjaga asupan nutrisi Anda,” kata Dr. Kim.

Pertahankan kegiatan fisik Anda

“apabila Anda umumnya melakukan kegiatan fisik menggunakan intensitas sedang, maka teruskan. Olahraga adalah cara yang bagus buat menghilangkan stres, dan stres turut memengaruhi kesuburan,” ujar Dr. Kim. Tetapi, Dr. Kim memperingatkan bahwa ini bukan saat yang sempurna buat menjalani program olahraga baru atau intensif, yang bisa menimbulkan terlalu banyak tekanan dalam sistem saraf Anda. Aktivitas yg secara signifikan menaikkan suhu tubuh inti Anda, seperti hot yoga atau heated spinning, dapat memengaruhi proses implantasi.

Konsultasikan dengan dokter kandungan

Jika Anda mengalami haid kurang dari 14 hari sehabis ovulasi, itu sanggup sebagai indikasi bahwa terdapat sesuatu yg memengaruhi kemampuan Anda buat hamil. Bisa jadi ini hanya lantaran keliru perhitungan ovulasi, tetapi juga mampu ditimbulkan oleh cacat fase luteal. “Ini berarti tubuh Anda nir membentuk kadar progesteron yg cukup buat mempertahankan kehamilan,” istilah Dr. Kim. Dokter kandungan Anda mungkin meresepkan progesteron ekstra sesudah ovulasi buat membantu memperpanjang fase luteal Anda.

Minum vitamin prenatal setiap hari

Sebenarnya, Anda telah wajib mengonsumsi vitamin prenatal yg mengandung 400 – 800 mikrogram asam folat sebelum mempersiapkan kehamilan. Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf, dan mendukung perkembangan tabung saraf bayi Anda. Proses ini terjadi selama 4 minggu pertama kehamilan.

Sumber: Celoteh Wanita

 

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image