Catatan Redaksi

HIMBAUAN UNTUK PARA KONTRIBUTOR WARTAWARGA

Hallo UG-er, mohon maaf saya secara pribadi memberikan himbauan ini demi kebaikan dan kemaslahanan dari Wartawarga yang kita cintai ini :) Himbauan ini bukan sebagai bentuk intervensi atau ’sensor” terhadap tulisan dari para UG-er ya. Sekali lagi, tulisan di wartawarga ini demi kepentingan pengisian portofolio mahasiswa yang dibaca juga oleh masyarakat umum.

Melihat perkembangan terakhir ini, ada beberapa tulisan yang hanya sekedar “latihan” atau “tanya-jawab” yang tidak sesuai dengan tujuan dari wartawarga ini. Tulisan semacam itu sebaiknya disampaikan di UG Community saja yang beralamat di http://community.gunadarma.ac.id yang lebih bersifat “bebas” namun tetap mempertimbangkan kaidah dan norma-norma kehidupan kampus. Atau jika ada pertanyaan mengenai UG, selain bisa disampaikan di UG Community, juga bisa disampaikan melalui fasilitas helpdesk online di http://helpdesk.gunadarma.ac.id

Perlu diketahui, semua tulisan para UG-er di wartawarga akan terpampang di portofolionya masing-masing, lengkap dengan identitas nama dan NPM-nya masing-masing. Artinya, kontributor wartawarga menggunakan nama asli atau tidak menggunakan nama alias atau “tidak dikenal” seperti banyak dipraktekan di blog luar atau di UG Community. Hal ini menunjukkan bahwa Wartawarga adalah media resmi dalam proses belajar-mengajar di UG, yang sekaligus bertujuan untuk berbagai tulisan yang bermanfaat, inspiratif, dan mempertimbangkan kaidah-kaidah atau norma-norma yang dianut di perguruan tinggi dan masyarakat. Tujuan ini sesuai dengan “term&condition” yang sudah disajikan di bagian “about” di bagian atas dari halaman depan wartawarga.

Alangkah membanggakannya jika suatu saat nanti akhirnya berbagai tulisan dari para UG-er untuk setiap kategori bisa diterbitkan menjadi seri buku, misalnya dengan seri buku dengan judul “UG-er on The Blog“. Siapa tahu ada kumpulan puisi atau cerpen dalam seri buku “UG-er on the Blog“, begitu juga dengan berbagai pengetahuan, pengalaman, atau tips&tricks dari berbagai bidang ilmu yang terwakili dalam kategori tulisan di wartawarga ini. Semuanya adalah ‘posted by UG-er“.

Mohon pengertian, dukungan, dan tanggapannya dari para UG-er, terima kasih.

NB (UPDATED):

1. Jika memang terpaksa, gunakanlah postingan ini sebagai media tanya-jawab seputar Wartawarga. Maksudnya agar bisa dilokalisir atau tidak perlu buat postingan baru jika ada kesulitan, pertanyaan atau masalah tentang Wartawarga. Nanti kita rembug bersama di sini.

2. Beberapa tulisan yang masuk kategori “kurang pantas” akan dihapus setelah himbauan ini, walaupun belum bisa seluruhnya.

Peace ya :)

———————-

24 September 2009
PERBEDAAN TUGAS DAN TULISAN UNTUK MATA KULIAH ADAPTIF “SOFTSKILLS”

Sebenarnya perbedaan “tugas” dan “tulisan” ini sudah dijelaskan di pengumuman MK yang adaptif softskill di studentsite. Mengingat masih banyak para UG-er yang masih bingung, maka tim redaksi mencoba mengulas kembali hal tersebut.

“Tugas” diinisiasi oleh dosen yang memberikan tugas kepada mahasiswanya mengenai topik-topik tertentu yang sesuai dengan silabus atau SAP dari Mata Kuliahnya. Misalnya, MK Ekonomi Koperasi (yang ternyata bertanda # yang artinya MK softskills), maka dosen akan memberikan sejumlah “TUGAS’ yang wajib dipublish di blog pribadi mahasiswanya masing-masing. Jadi setiap UG-er WAJIB MEMPUNYAI BLOG PRIBADI. Artinya “tugas” tersebut tidak dipublish di Wartawarga, UG Community, atau fasilitas blog di UG. Blog pribadi mahasiswanya relatif bebas, misalnya di ngeblogs.com, wordpress, blogspot, blogsome, multiply, atau blog berbayar . Jika sudah diposting di blog tersebut, selanjutnya Anda mensubmit postingan tersebut ke portofolio melalui menu “TUGAS” di studentsite. Pada menu tersebut anda tinggal memasukkan judul postingan, alamat URL dari postingan tersebut, serta nama Mata Kuliahnya.

Lalu apa yang dimaksud dengan “TULISAN” dan bagaimana cara mensubmitnya agar masuk ke portofolio mahasiswa ?

“TULISAN” merupakan inisiatif mahasiswa yang topiknya dapat diluar dari materi kuliah atau tidak terkait dengan tugas yang diberikan dosen. ada 2 cara menambah “TULISAN” di portofolio anda, yaitu:

  1. Anda menulis sebuah postingan di blog pribadi. Jika tulisan itu relatif “baik” dan “pantas” maka anda bisa mensubmit postingan tersebut ke portofolio melalui menu “TULISAN” di studentsite. Anda tinggal memasukkan judul postingan dan alamat URL dari tulisan tersebut, lalu klik submit. Sekali lagi topik “tulisan” ini lebih “bebas” atau tidak perlu terkait dengan topik tugas dari dosen. Jadi jumlah dan topik tulisanya tergantung dari inisiatif anda, namun dengan catatan tetap memperhatikan etika ilmiah, HaKI, dan peryaratan dan etika penulisan lainnya yang sudah diumumkan di studentsite.
  2. Anda menulis di wartawarga ini- yang secara otomatis “tulisan”-nya masuk ke portofolio. Jadi anda tidak perlu “ngapa-ngapain” keculai membuat postingan saja melalui menu “wartawarga” di studensite. Jadi sekali lagi, cara menulis di wartawarga adalah melalui menu “wartawarga” yang ada di studentsite. Anda pun tidak perlu lagi mencantumkan nama lengkap, NPM, dan kelas anda di isi postingannya karena sistem akan mengetahuinya secara otomatis. Coba setelah anda membuat tulisan di wartawarga ini, langsung kunjungi portofolio anda dan di-klik pada menu “tulisan” di portofolio tersebut maka judul postingan anda di wartawarga sudah ada di situ, termasuk link ke alamat URL postingannya di wartawarga.

Semoga membantu. Setelah postingan ini, semua pertanyaan-pertanyaan tentang wartawarga atau MK adaptif softskill mohon tidak disampaikan dalam postingan baru di wartawarga. Jika ada pertanyaan atau masalah, cukup memberikan komentar di sini saja. Jika tidak, tim redaksi terpaksa akan menghapus postingan yang hanya sekedar bertanya atau latihan posting. Sekali lagi, mohon pengertian dan perhatiannya, terima kasih.